Indonesian Online Communities

Follow us on Google News

Judul pakai bahasa linggis sesekali bolehlah. Indonesian Online Communities. Pasti teman-teman sudah paham maksud dari judul di atas tanpa membuka Google Translate. By the way, adakah dari teman-teman pembaca yang ikut nimbrung juga di sekian banyak Komunitas Online yang Indonesia miliki? Seingat saya, komunitas online Indonesia itu sangat banyak, beberapa di antaranya adalah ads-id, kaskus, forum-forum dan masih banyak lagi.

Kalau dulu orang sibuk ngobrol ngalor ngidul atau Bahasa Melayu Larantuka menyebutnya omong ke lao ke dara di warung-warung kopi, setelah munculnya internet, tempat ngobrolnya pun berpindah. Ngobrol online. Komunitas Online yang sebagian besar berbasis forum ini kemudian menjadi pilihan orang-orang untuk bertukar pikiran.

Komunitas Online Indonesia

Dulu sekali saya sering aktif di beberapa komunitas. Di Kaskus ada akun saya di sana, meskipun sudah jarang login. Akun saya di Detik Forum juga masih aktif. Kalau di ads-id, entahlah masih aktif atau sudah di delet momod. Tapi dulu, sehari saja saya tidak login kepala langsung pening. Banyak informasi, tips dan trik ngeblog dishare secara cuma-cuma di sana dan saya tidak ingin melewatkannya.

Kalau akun forum-forum luar bisa ratusan jumlahnya. Waktu itu hanya sekedar kejar backlink saja. Trik SEO jaman itu. Kerjanya cukup santai. Buka forumnya, daftar, tempel link blog, ping alamat profil biar keindex Google lalu beralih ke forum lainnya. Begitu terus sampai kita kena kick dari moderator karena tidak pernah ingat untuk login.

Fenomena Komunitas Online ini ternyata tidak mati. Meski saya sudah jarang mengikuti perkembangannya, tapi ternyata komonitas online Indonesia terus berkembang. Malah semakin banyak. Komunitas-komunitas online itu selain mandiri, berdiri sendiri berbasis web, tapi banyak juga yang nempel di beberapa sosial media. Di Facebook, grup-grup berhamburan. Mulai dari penyuka kucing, pecinta anjing dan lain sebagainya ada grupnya.

Nah, setelah sekian lama tidak mengikuti perkembangan Komunitas Online di Indonesia khususnya, kali ini saya mencoba share beberapa komunitas online yang barangkali bisa menggugah selera teman-teman untuk bergabung. Karena selain membahas makanan kesukaan, wanita kesukaan ataupun boneka kesukaan, keberadaan komunitas online juga bisa membantu kita menemukan ide-ide segar untuk kita jadikan bahan dalam mengupdate blog.

Berikut Daftar 5 Komunitas Online Indonesia

Ads-id, Komunitas Publisher Indonesia

Sebagai seorang blogger yang sejak awal menimba ilmu di sini, maka Ads-id saya tempatkan diurutan pertama. Ads-id adalah sebuah forum besar yang usernya rata-rata Blogger Indonesia. Untuk teman-teman yang ingin belajar lebih banyak seputar dunia online, adsense, SEO, atau sekedar mencari template-template yang teruji kualitasnya, saya sarankan untuk bergabung di sana.

Kompasiana, Media Warga

Situs ini sepintas mirip dengan medium. Hanya saja, untuk menjadi anggotanya tidak ada persyaratan khusus. Semua orang bisa mendaftar lalu menulis. Apa saja bisa kita tuliskan di sana, baik dalam bentuk teks, gambar ataupun video. Bagi pemburu backlink, bisa saja menyisipkannya di situs ini, hanya jangan terlalu sering.

Kasak Kusuk alias Kaskus

Menurut informasi, kaskus merupakan sebuah Komunitas Online Pertama sekaligus Terbesar di Indonesia. Penggunanya saja mencapai 6 juta orang. Barangkali termasuk saya. Jaman dulu, sebelum situs-situs jualan online menjamur, Kaskus sempat menjadi situs jual beli yang digemari banyak orang.

Detik Forum

Komunitas ini berbasis Forum. Dari namanya kita langsung tahu kalau forum ini miliknya detikCom. Forum ini cukup bertahan hingga sekarang. Nasibnya sedikit lebih baik dari Blog Detik yang sudah undur diri sejak lama. Forum Detik ini membahas berbagai macam topik. Bahkan info-info yang viral, kadang sudah dibahas lebih dulu di forum ini.

Fotografer.Net

Kalau teman-teman pembaca adalah seorang fotografer, tentu tidak asing lagi dengan komunitas online ini. Di sini tempat berkumpulnya para fotografer meskipun pengguna yang awam akan dunia fotografer bisa bergabung juga. Topik yang dibahas di sana yah seputar dunia fotografi. Informasi terbaru seputar tips dan trik pemotretan, peralatan-peralatan fotografi serta saling bertukar pikiran bisa dilakukan di komunitas ini.

Yah, barangkali sekian dulu informasi seputar Indonesian Online Communities alias Komunitas Onlien Indonesia yang bisa saya share. Saya harap semua teman-teman sudah bergabung di sana, dan buat yang belum, segeralah bergabung.

LihatTutupKomentar

15 Komentar

  • Ike Lawbers 20.12.20
    Aku jaman dulu termasuk komunitas kaskus. Cukup aktif. Entahlah sampai saat ini apakah akunku masih aktif atau sdh gak. Sekian lama tak pernah ditengok lagi. Sbb, sedikit wkt utk online.

    Lbh banyak wkt tersita utk aktivitas ofline. Terkadang kangen juga iya spt dulu, bisa menulis sana, sini...
    Oky, bang Ancis maju terus iya.
    Artikelnya menarik utk dibaca.

    Tx, udh mengingatkan kembali tentang komunitass itu. Semoga sj suatu saat bisa kembali berkomunitas...

    Hv a blessed day ya...
  • Dewi Elsawati 20.12.20
    Jadi inget, dulu sewaktu saya masih main black hat, suka nimbrung di dark forum. Karena sekarang lebih mengedepankan blogwalking sebagai optimasi terbaik, jadi semua yang gelap-gelap ditinggalkan.
  • Intan Sudibjo 20.12.20
    wah saya juga rindu itu komunitas di atas, tapi bingung juga ngapain kalo ga ada yang dicari hehe
    • Bang Ancis 20.12.20 ✖
      Itulah.. kayaknya akhir2 ini banyak yg halu jadi sy juga malas... Tapi y nomor 1 msh sering mampir saya..
  • Agus Warteg 20.12.20
    Dari kelima forum itu, yang aku tahu cuma Kaskus sama Kompasiana bang, soalnya kadang mencari informasi di google dan diarahkan ke kedua situs tersebut. Sebelum menjamur toko online katanya Kaskus memang tempat yang ramai jual beli.
  • Martin Karakabu 20.12.20
    Ado ama bicara tentang forum saya jadi ngeri hehhee. Adsense Id saya pernah ikut (sekarang su tidak ama) ada satu pengalaman yang lucu dan memalukan menurut saya. Awal ngeblog saya tidak tahu istilah IDR itu apa, eh beberapa blogger hebat malah tertawakan kebodohan saya bukanya menjawab.

    Tidak dipungkiri bahwa ada yang menjawab namun sejak itu entah kenapa membuat saya jadi atur langkah mundur hehhee...

    Sekarang kalau bingung biasanya googlling dan jurus coba, sambil bercumbu dengan trial n eror. Jika hal - hal tidak familiar sekali biasanya saya tanya di mas Sugeng dan bung Franky (via email) atau kompi ajaib via forum disqus beliau. Selebihnya tidak ama karena peristiwa itu hehehehe

    Kalau kompasiana aii, itu mantap punya, saya salah satu member di sana walaupun seblum satu artikel tak berfaedah heheee, terima kasih sudah sering ama. Salam hangat dan terus berkarya.
    • Bang Ancis 21.12.20 ✖
      Aduh sedih le bisa ada kejadian begitu... Okelah semangat Moat Guru.. Masih banyak sumber2 atau blogger2 lain yang selalu siap membantu segala kesulitan...
  • Gustyanita Pratiwi 21.12.20
    dari semuanya aku sering ngepoin kaskus dan kompasiana...dan aku malah baru ngeh kalau kaskus singkatannya itu..padahal aku pernah wawancara yang punya kaskusnya loh hihi...alias foundernya, masih muda..waktu aku masih kerja kuli jadi wartawati
  • Annisa Rizki Sakih 24.12.20
    Komunitas blogger jg banyak mas.. kalau utk lelaki mungkin banyak yg Jd kaskusers tp yg wanita lebih pilih Jd FDers. Female daily forum itu juga hits seperti Kaskus di jamannya
  • Rudi Chandra 24.12.20
    Cuma pernah gabung di fotografer.net doang, itupun pas lagi hobby-hobbynya motret. Tapi setelah kameranya rusak, nggak pernah log in lagi sih.

    Kayaknya sekarang aku lebih tertarik ama komunitas ads-id sih, biar bisa nambah ilmu tentang dunia blogging.
  • Anton Ardyanto 5.1.21
    Kok kita nggak pernah ketemu di Detik Forum yang Bang.. hahahah saya dulu biang kerok juga di sana tuh..

    Kas kus juga.. cuma lama kelamaan saya bosan juga dan milih ngeblog. Belum pernah memakai forum sih untuk optimasi SEO.. pilih jalan biasa saja sambil iseng
Cancel