Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenisnya

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenisnya

Beberapa Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenisnya - Dewasa ini, asuransi sudah menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk kita ikuti. Banyak perusahaan hadir menawarkan berbagai jenis asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, dan asuransi properti. Tidak perlu bingung dengan beragam tawaran tersebut. Tentukan saja salah satu perusahaan yang tepat guna sesuai kebutuhan dan bisa juga berdasarkan berapa produk yang menguntungkan yang mereka tawarkan.

Dilihat dari banyaknya orang yang bergabung, bisa dibilang asuransi saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan sekaligus sebuah keharusan. Karena seperti menabung, manfaat asuransi sangat penting baik untuk saat untuk ini maupun di kemudian hari. Asuransi saya anggap sebagai sebuah solusi keuangan yang wajib diikuti karena dengan asuransi segala resiko atau kasarnya segala beban keuangan yang mungkin akan kita alami di masa yang akan datang bisa kita alihkan pada pihak lain, dalam hal ini pihak Perusahaan Asuransi.

Secara umum pengertian asuransi adalah cara mengelola kemungkinan-kemungkinan risiko yann menyebabkan kerugian ekonomis yang akan terjadi. Ketika membeli asuransi, kita mengalihkan kemungkinan-kemungkinan itu kepada perusahaan asuransi dengan imbalan biaya yang kita kenal sebagai premi. Jadi premi ini merupakan kewajiban yang harus kita setorkan setiap bulan atau tahun kepada perusahaan asuransi.

Tujuan Kita Membayar Premi Asuransi

Ada beberapa tujuan utama yang menjadi alasan mengapa kita perlu membayar premi asuransi. Selain sebagai jaminan perlindungan atas berbagai risiko kerugian yang barangkali akan kita alami kelak, tujuan lain dari membayar premi adalah untuk pemerataan biaya. Maksud dari pemerataan biaya ini hanya membayar biaya dalam jumlah tertentu secara rutin baik bulanan maupun tahunan, kita sebagai Tertanggung tidak perlu lagi menanggung, mengganti, atau pun membayar sendiri kerugian yang bakal kita alami, apalagi jumlah kerugian akibat musibah itu belum pasti jumlahnya.

Nah dengan rutin membayar premi, kita tidak lagi disibukan dengan segala macam urusan lainnya. Tinggal selanjutnya perusahaan asuransilah yang akan menginvestasikan dana kita dengan aman, sehingga bisa berkembang dan mereka akan siap membayar saat ada klaim. Jika teman-teman ada yang masih bingung seputar tata cara membayar premi asuransi, saya sarankan untuk menguliknya di artikel Panduan Lengkap Pembayaran Premi Asuransi ini.

Beberapa Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenisnya

Setelah sekilas saya membahas seputar apa itu asuransi, bagaimana pentingnya serta apa kewajiban kita sebagai tertanggung, ada baiknya di tulisan saya kali ini saya bahas juga sedikit lebih dalam seputar apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mengikuti asuransi. Di bawah ini saya share beberapa manfaat asuransi berdasarkan jenis asuransinya.

1. Manfaat Asuransi Jiwa

Asuranis ini lebih banyak berhubungan dengan kematian. Dengan demikian, manfaat yang bisa kita dapatkan ketika mengikuti asuransi jiwa adalah meminimalisir kekhawatiran. Kekhawatiran tersebut bisa meliputi utang piutang dan juga kehidupan sanak family ke depannya. Hidup mereka akan terjamin dalam hal keuangan ketika kita meninggal dunia karena beberapa asuransi akan diambil alih oleh pewaris, dalam hal ini keluarga.

2. Manfaat Asuransi Kendaraan

Asuransi jenis ini menitikberatkan pertanggungannya pada kendaraan yang kita miliki. Segala kerusakan dan kerugian yang menimpa kendaraan yang kita miliki.

3. Manfaat Asuransi Kesehatan

Kalau soal manfaat asuransi kesehatan, sepertinya saya tidak perlu menjelaskannya secara rinci. Contoh nyata di Indonesia saat ini adalaha BPJS. Segala biaya tagihan kesehatan bisa teratasi karena pihak asuransilah yang menanggungnya.

4. Manfaat Asuransi Perjalanan

Dari namanya asuransi jenis ini hanya berlaku ketika terjadi sesuatu kendala saat kita melakukan perjalanan. Perusahaan asuransi akan melakukan ganti rugi semua kerugian yang terjadi selama melakukan perjalanan seperti tertunda atau keterlambatan perjalanan, kerusakan atau kehilangan barang bawaan selama perjalanan. Hal lainnya adalah menanggung biaya pengobatan jika sakit dalam perjalanan dan juga risiko kecelakaan.

5. Manfaat Asuransi Properti

Asuransi ini dikhususkan untuk menanggung biaya kerugian yang mungkin terjadi atas roperti-properti yang kita miliki. Meski belum begitu populer di Indonesia, asuransi properti ternyata memiliki manfaat yang cukup penting. Padahal aset-aset seperti rumah dengan segala perabotannya atau properti yang merupakan bagian dari aset bisnis seperti gudang, pabrik, ruko dan kantor perlu mendapat perlindungan. Ini perlu dilakukan karena kita tidak tahu petaka apa yang bakal tejadi dan berapa besar kerugian yang akan kita alami nantinya.

Bagaimana teman-teman, apakah ada yang tercerahkan dengan tulisan di atas atau biasa-biasa saja karena memang sudah terbiasa? Tidak apa-apa, semga teman-teman yang lain bisa tergugah hati dan niatnya untuk segera menyiapkan masa depannya.

Segera lindungi diri anda sebelum terlambat.

LihatTutupKomentar

23 Komentar

  • Intan Sudibjo 22.12.20
    asuransi ini seperti menabung, hal yang sepele tapi susah dilakuin :D padahal manfaatnya bagus
  • Hermansyah 22.12.20
    Dari lima jenis asuransi di atas saya sudah tak asing lagi tapi yang saya ikut cuma BPJS
  • Rudi Chandra 23.12.20
    Ternyata ada banyak jenis asuransi ya Mas dan tiap asuransi punya manfaat tersendiri.

    Selama ini lebih tau tentang asuransi kesehatan doang sih.
  • Dewi Elsawati 23.12.20
    asuransi penting karena berguna sebagai proteksi. jangan lupa hutang lunasi dan investasi, biar semakin mantap..
  • Rezky Pratama 23.12.20
    Penting asuransi,ada jg asuransi buat investasi,sayangnya saya msh blm di tahapan itu
  • Satria Mwb 25.12.20
    Asuransi memang sangat penting yaa bang, Tetapi kita juga harus bijak memilihnya...Dan kalau menurut saya yang penting adalah Asuransi jiwa dan kesehatan.😊😊
  • Martin Karakabu 25.12.20
    Kalau hidup di kampung tanpa asuransi juga bae, banyak saudara, kebun ada. Kalau hidup di rantau dan kota besar macam Jakarta asuransi sangat penting. Bila kepala keluarga sebagai ting penyanggah keluarga tiada barangkali polis asuransi bisa jadi sangat membantu. Terima kasih sudah mengingatkan tentang hal ini ama. Salam.
  • fanny_dcatqueen 25.12.20
    Aku selalu anggab asuransi penting. Sekarang ini aku punya 2 asuransi jiwa, 4 asuransi kesehatan. Dan kalo mau traveling, aku slalu beli travel insurance . Buatku dan suami, Krn hobi kami berdua traveling, hrs ada pegangan utk anak2 kalo sesuatu terjadi Ama kami. Jd aku pastiin anak2 bakal terjamin hidupnya sampe selesai kuliah. Makanya masing2 dari aku dan suami punya asuransi jiwa. Kalo asuransi kesehatan, ga ush tanya lah yaaa. Berguna di saat sakit dan di rawat. Kalo ga sakit rugi?? Ya gaaa lah, aku anggab aja bayar proteksi utk melindungi diri. Drpd nyesel kemudian.
  • Ainun 27.12.20
    saat ini yang penting untuk aku asuransi kesehatan
    dulu pernah ikutan produk asuransi + investasi dalam satu instrumen. karena belum merasakan manfaatnya saat itu, jadi aku tutup saja
    dan sebenernya travel insurance juga perlu, dari sekian kali terbang, kayaknya baru sekali aku beli travel insurance diluar yang ditanggung maskapai, selebihnya adalah asuransi bawaaan dari maskapai
  • kuanyu 27.12.20
    Asuransi dan manfaatnya, tapi harus teliti nih kalau mau masuk asuransi, jangan sampai enggak paham, karena sekarang banyak nasabah yang mengeluh karena asurandi
  • NARDtheNERD 27.12.20
    betul.. penting sangat time time sekarang ambil insurans :)
Cancel