Doa Akhir Tahun Pasti Seputar Corona

Follow us on Google News

Doa Akhir Tahun Pasti Seputar Corona - Tidak terasa sudah mau akhir tahun saja. Perasaan kemarin baru bulan Maret, hehe. Seperti yang kita ketahui bersama, kita melewati tahun 2020 dengan ngos-ngosan karena serangan Corona. Ada orang malah bercanda, tahun 2020 ini resminya hanya 3 bulan saja. Januari sampai Maret. Bulan-bulan sisanya adalah latihan menghadapi kiamat. Ada benarnya juga lucu-lucuan ini, meski tidak seratus persen benar.

Efek dari Pandemi Covid-19

Faktanya, selama Pandemi Covid-19 ini kita hidup seperti dikekang. Kemana-mana dibatasi. Pola hidup yang sebenarnya sudah lasim namun jarang kita lakukan tiba-tiba diwajibkan. Jaga jarak, cuci tangan, pakai masker dan juga hindari keramaian tiba-tiba saja menjadi sebuah aturan wajib. New Normal, katanya. Diberlakukan secara global pula. Nyaris semua kota memberlakukan Lockdown.

Tujuannya memang baik. Untuk menekan penyebaran penyakit Corona. Hanya saja orang-orang kita pada awalnya sulit diajak berubah. Kepala batu. Tim Gugus Covid, aparat TNI dan Polisi harus kerja ekstra untuk menerapkan pola hidup yang baru ini.

Belum lagi efek dari virus ini perlahan namun pasti mulai melebarkan pengaruhnya. Bukan saja menginfeksi dan membunuh manusia, efek lain yang justru bisa menjadi salah satu faktor pelemahan sistem imun tubuh adalah kondisi dunia kerja yang mulai goyang. Terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja. Beberapa perusahaan ada yang masih baik hati dengan merumahkan karyawannya. Namun banyak juga usaha yang terpaksa gulung tikar. Mau dapat penghasilan dari mana kalau konsumen dilarang keluar rumah?

Pokoknya tahun 2020 ini dipenuhi dengan keluhan. Meski begitu banyak donasi dari berbagai donatur di dunia membanjiri wilayah-wilayah dengan kasus tertinggi, beberapa saudara kita ternyata kalah. Mereka berpulang dalam genggaman Covid. Yah, semoga saja tahun 2021 nanti, saat Corona Virus berulang tahun, kita tidak menyanyikan “Panjang Umurnya” untuk dia. Bisa semakin kacau peradaban kita.

Doa Akhir Tahun Pasti Seputar Corona

Nah sekarang tinggal beberapa hari lagi tahun 2020 akan kita tinggalkan. Karena masih dalam situasi Covid-19, barangkali perayaan Pelepasan Tahun 2020 dan Penyambutan Tahun 2021 tidak akan seramai tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada lagi pawai kendaraan bermotor keliling kota. Bisa dibayangkan berapa ribu liter BBM bisa dihemat? Meski begitu, dalam proses pelepasan dan penyambutan ini, hampir semua agama di Indonesia pasti akan melaluinya dengan doa bersama.

Bagi kita manusia berdaging lemah, hal ini adalah sebuah kewajiban. Kita tentunya memiliki harapan yang cemerlang untuk tahun yang baru. Tidak seperti kisah percintaan. Ketika pertemuan tidak pernah diterima dengan rasa syukur pun perpisahan yang selalu penuh dengan dendam, air mata segala isi kebun binatang.

Ini tentang pergantian tahun. Kita tidak mungkin melewati tahun yang lama begitu saja tanpa pamitan. Kita juga tidak ingin menyambut tahun baru tanpa salam perjumpaan. Karena itu, hanya doa kepada sang pemilik kehidupanlah yang bisa kita panjatkan. Selain sebagai sarana perpisahan dan perjumpaan, juga sebagai moment meminta dan menaruh harapan akan kehidupan kita di tahun yang baru.

Berikut Sekelumit Doa Akhir Tahun Yang Saya Buat

Ya Tuhanku,
Kini kami sudah di penghujung tahun,
Kami sudah melewati berbagai cobaan di tahun ini,
Syukurlah, dalam bimbingan dan naungan kasih-Mu,
Kami masih mampu melewati cobaan itu,
Meski beberapa saudara/i kami
Tidak kuat menghadapinya lalu mendahului kami

Ya Tuhanku,
Berikan kami kekuatan dan keberanian,
Agar bisa mengabaikan kesulitan,
Agar bisa mengatasi segala aral,
Agar kami tetap tabah dan sabar,
Ketika melewati hari-hari baru,
Di tahun yang baru nanti.

Ya Tuhanku,
Tidak ada ujud lain yang kami panjatkan
Selain cukupkanlah hari-hari kami dengan rahmat-Mu
Kuatkanlah jiwa dan raga kami
Agar bisa memulai lagi semua yang hilang
dan tertunda di tahun yang lama

Amin

LihatTutupKomentar

15 Komentar

Cancel