Harga AC 1/2 PK dan Tips Memilih Sesuai Kebutuhan

Follow us on Google News

Harga AC 1/2 PK sebenarnya bervariasi mulai dari yang murah sampai yang premium. Anda bisa memilih sendiri AC yang akan dibeli sesuai dengan ruangan yang akan digunakan. Misal akan digunakan di ruang tamu atau di kamar tidur.

Selanjutnya, Anda juga disarankan untuk memilih merek yang memang terkenal memproduksi produk unggulan. Dengan begitu, AC yang nantinya dibeli tidak mudah rusak atau tidak sesuai dengan ekspektasi yang dimiliki.

Tips Memilih AC Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih AC 1/2 PK yang Sesuai Kebutuhan

Memilih AC sebenarnya gampang-gampang susah, apalagi Anda baru pertama kali melakukannya sendiri. Nah, supaya tidak salah beli dan menyesal, ada baiknya menyimak dahulu beberapa tips bermanfaat di bawah ini.

1. Menyesuaikan dengan Ukuran Ruangan

AC yang nantinya Anda pakai akan mengeluarkan udara dingin dan menyebar ke seluruh ruangan. Nah, penyebaran ini bisa saja maksimal atau tidak bergantung dengan ukuran dari ruangan itu sendiri. Misal ruangannya terlalu besar atau malah terlalu kecil.

Usahakan untuk memilih AC 1/2 PK yang sesuai dengan ukuran ruangan yang bisa didinginkan. Biasanya ukuran 1/2 PK cocok sekali dipakai untuk ruangan kamar tidur yang tidak terlalu luas atau ruangan kerja, karena kesejukan yang didapatkan akan maksimal.

Hindari menggunakan AC 1/2 PK di ruangan yang luas seperti ruang tamu atau ruang seminar. Kesejukan yang dikeluarkan tidak akan bisa maksimal. Kalau Anda tetap ingin memakainya, jumlah unit AC yang dipakai harus lebih dari satu.

2. Mempertimbangkan Harga Beli

Pertimbangkan harga beli dari AC 1/2 PK yang akan digunakan. Kalau Anda memiliki bujet cukup tipis, usahakan untuk memilih AC dengan harga murah. Namun, tetap perhatikan merek dan fitur yang diberikan ya.

Misal Anda memilih AC dengan harga terendah dari Sharp. Cek apa saja fitur yang diberikan dan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan. Hindari asal beli asal murah, tapi saat digunakan tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

Pengecekan harga beli bisa dilakukan secara langsung menggunakan Bhinneka.com. Di sana ada banyak sekali pilihan AC dari berbagai merek. Cek satu per satu dan coba daftar untuk mendapatkan jenis AC yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Daya dan Fitur Penghematan

AC memiliki daya yang besar saat digunakan. Kalau Anda ingin menggunakan AC, pastikan sudah memiliki listrik dengan daya minimal 1300 watt. Kalau daya yang digunakan masih 900 watt, listrik bisa mati berkali-kali karena tidak kuat dengan daya.

Selain mempertimbangkan komponen daya dari jaringan listrik yang ada di rumah, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan fitur penghematan dari AC itu sendiri. Masing-masing AC memiliki fitur penghematan yang berbeda-beda. Pilih yang bisa menghemat dengan maksimal.

Kalau Anda tidak memilih yang memiliki fitur penghematan, sulit sekali untuk menghemat biaya tagihan listrik per bulannya. Apalagi AC memakan daya cukup banyak dibandingkan dengan alat elektronik lainnya.

4. Tidak Ada Fitur Auto Clean

AC yang dijual di luar sana ada dua jenis, pertama adalah AC yang memiliki fitur pembersihan otomatis dan pembersihan manual. Para teknisi atau pengguna AC biasanya menyarankan untuk memilih yang manual saja.

AC dengan sistem pembersihan otomatis biasanya memiliki jeroan yang sangat rumit. Itulah kenapa Anda disarankan pakai AC dengan sistem pembersihan manual. Kenapa? Karena Anda pun bisa belajar untuk melakukannya sendiri.

5. Pertimbangkan Pemakaian

Pertimbangkan pemakaian dari AC itu sendiri. Dalam sehari, kira-kira berapa jam dinyalakan sebelum akhirnya dimatikan. Kalau sampai lebih dari 8 jam, pilih merek AC yang dikenal tangguh dan tidak mudah rusak. Kalau merek biasa tidak akan mampu dipakai terlalu lama.

Rekomendasi Produk dan Harga AC 1/2 PK

Rekomendasi Produk dan Harga AC 1/2 PK

Ada beberapa rekomendasi produk dan harga AC 1/2 PK yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau Anda masih bingung, daftar di bawah ini bisa dijadikan sebagai salah satu solusinya.

1. Polytron - Neuva Ice PAC 05VXM - Rp2 Jutaan

AC ini memiliki fitur auto filter yang sangat baik. Begitu AC dinyalakan, ruangan yang berdebu bisa langsung bersih seketika. Udara juga menjadi lebih sejuk dari sebelumnya dengan daya yang tidak terlalu besar. Anda hanya membutuhkan daya 450 watt saja.

AC buatan Jepang ini memiliki rating penghematan daya empat bintang. Selanjutnya, untuk masalah efisiensi, nilai yang didapatkan adalah 12,25 EER. Oh ya, Anda yang suka terganggu dengan suara bising dari AC, unit ini mengeluarkan suara ringan kurang dari 30 dB.

2. SHARP - J60 Series AH-A5UDL - Rp3 Jutaan

AC Sharp seri ini memiliki beberapa kelebihan fitur seperti mengeluarkan kesejukan langsung ke langit-langit kamar. Jadi, tidak akan terlalu dingin sehingga cocok untuk dipasang di ruangan anak-anak atau bayi.

Selanjutnya, SHARP juga menggunakan bahan tidak berbahaya untuk AC. Jadi, saat menggunakannya Anda tidak ikut merusak lapisan ozon.

3. LG - T06EV4 - Rp3 Jutaan

Kelebihan dari seri T06EV4 milik LG adalah mudahnya untuk mengatur konsumsi daya. Sayangnya, dibandingkan dengan AC lain di ulasan ini, watt yang dibutuhkan cukup tinggi yaitu mencapai 490 watt.

4. Panasonic - Non-Inverter CS-LN5UKJ - Rp3 Jutaan

Panasonic adalah produsen produk elektronik Jepang yang sudah lama di Indonesia. Pabrik ini juga menghasilkan AC dengan harga cukup terjangkau dan fitur yang mumpuni. Salah satunya adalah fitur penghematan atau efisiensi konsumsi sebesar 12,82 EER.

AC 1/2 PK ini memiliki daya sekitar 390 watt saja dan tidak ada fitur auto clean. Jadi, Anda bisa membersihkannya secara manual kalau dirasa udara sejuk yang keluar masih belum maksimal. AC juga tahan dengan penurunan daya yang terjadi secara berkala.

5. Akari - AC-05D3LW - Rp2 Jutaan

Akari adalah salah satu AC teknologi Jepang yang sangat canggih. Produk ini menawarkan teknologi pendinginan 3D. Artinya, begitu unit dinyalakan seluruh ruangan akan menjadi sangat dingin dengan sendirinya dan segala arah.

Selain itu, Akari juga memiliki teknologi penghematan daya yang sangat baik. Jadi, bisa digunakan untuk berhemat karena ratingnya sudah empat. Terakhir, daya untuk menyalakan AC ini juga rendah yakni 360-an watt saja. Rumah dengan listrik 900 watt bisa menggunakannya.

Harga AC 1/2 PK ternyata tidak begitu mahal dan masih bisa terjangkau oleh semua kalangan. Hanya saja, sebelum membeli AC, pastikan menggunakan listrik dengan daya yang cukup besar. Jika tidak, AC tidak akan bisa menyala dengan baik.

Memilih AC memang tidak mudah, apalagi beli secara online. Itulah kenapa Anda disarankan untuk melakukan riset dahulu dengan baik dan memahami kebutuhan. Dengan begitu, produk yang dibeli akan sesuai dengan harapan dan bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Produk elektronik seperti AC atau yang berhubungan dengan kantor seperti komputer bisa Anda dapatkan semuanya di Bhinneka.com. Pembelian produk bisa dilakukan dalam jumlah banyak sehingga cocok sekali untuk Anda yang ingin melengkapi perlengkapan untuk berbisnis.

LihatTutupKomentar

12 Komentar

Cancel