Tips Mengatasi Asam Lambung Dengan Efektif

Tips Mengatasi Asam Lambung Dengan Efektif - Penyakit asam lambung adalah salah satu jenis penyakit yang sangat menyiksa penderitanya. Bagi yang sudah pernah merasakan, ketika asam asam lambung ke kerongkongan, rasa yang tidak nyaman serta menimbulkan nyeri di dada.

Lambung merupakan salah satu organ penting bagi makhluk hidup. Di sana proses pencernaan makanan terjadi. Lambung juga bisa berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan. Lambung sendiri berfungsi sebagai tempat berkumpulnya makanan dan cairan yang telah kita kunyah dan telan sebelumnya.

Tips Mengatasi Asam Lambung Dengan Efektif

Makanan akan diolah di dalam lambung dengan melalui proses penggilingan sampai menjadi bentuk yang lebih halus lalu dialirkan ke bagian awal dari usus kecil.

Asam lambung yang diprodksi oleh lambung mengandung zat yang bernamaasam klorida dan pepsin (hormon pencernaan). Asam ini berfungsi dalamproses pencernaan makanan yang kita makan.

Akan tetapi apabila asam lambung diproduksi secara berlebihan maka dapat mengakibatkan lapisan mukosa menjadi iritasi sehingga lambung menjadi luka.

Untuk membantu mengatasi asam lambung yang berlebihan dapat menggunakan obat maag. Namun apabila rasa nyeri masih terasa, sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit dengan menggunakan pelayanan asuransi allianz untuk mendapat pengobatan yang lebih intensif.

Penyebab Naiknya Asam Lambung

Banyak penyebab asam lambung menjadi naik. Mulai dari banyaknya makanan yang masuk ke lambung, akanmenghambat aktivitas lambung.

Akibat dari kebanyakan makanan sehingga asam lambung naik karena tidak dapat bersentuhan dengan makanan yang berada di bagian tengah lambung.

Selain itu dapat juga disebabkan oleh makan yang tertelan dalam bentuk kasar sehingga lambung dan usus besar bekerja lebih keras dalam mengolahnya. Berbagai tips dapat dilakukan untuk mengatasi asam lambung dengan efektif seperti yang dibahas di bawah ini.

Tips Mengatasi Asam Lambung Dengan Efektif

Kunyit

Sudah lama kunyit telah dikenal khasiatnya untuk kesehatan. Banyak manfaat yang terandung didalam rempah yang satu ini salah satunya adalah untuk mengobati asam lambung naik.

Cara mengolahnya mudah sajayakni memarut beberapa ruas kunyit tanpa kurit arinya lalu di cuci bersih. Setelah itu parutankunyit diperas untuk kemudian diminum airnya.

Caralainnya adalah bisa dengan memotong-motong kunyit lalu direbus hingga mendidih. Minumlah air rebusan kunyit tersebut setelah dingin atau hangat.

Buah Pisang

Buah pisang yang memiliki rasa manis ini ternyata memiliki khasiat untuk mengobati asam lambung naik.

Buah pisang ini memiliki sifat anti bakteri yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri penyebab naiknya asam lambung.

Bawang Putih

Bawang putih mempunyai kandungan yang mampu menjaga pencernaa sehingga sangat cocok digunakan untuk menurunkan kadar asam lambung.

Caranya yaitu dengan memarut beberapa siung bawang putih kemudian campur dengan satu gelas air hangat untuk diminum.

Radang atau luka yang terjadi pada mukosa lambung timbul akibat sekresi asam lambung (pepsin) dan mukus yang tidak seimbang.

Histamin dan anti inflamasi nonsteroid dapat menghambat sekresi asam lambung. Selain itu proses kerja yang berat, pikiran selalu tegang serta perasaan yang gelisah serta kesulitan tidur dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Jika anda mengalami kenaikan asam lambung yang cukup tinggi sebaiknya anda segera ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan secara medis.

Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar

7 Komentar

  • Jaey Borneo 7.5.21
    Jadi paham sedikit mengenai asam lambung, tapi kalau obatnya kunyit mungkin saya kurang suka, begitu juga bawang putih kecuali di goreng tipis, hihi, pilihan terbaik mungkin pisang, tengkyu infonya boss 👍
  • Himawan Sant 9.5.21
    Kujadi tau ternyata pisang bagus juga buat mencegah kambuhnya asam lambung, terimakasih infonya bang.
  • Mbul Kecil 15.5.21
    kunyit dan bawang putih memang banyak manfaatnya. Sangat mudah didapat lagi soalnya pasti stok trus as bumbu dapur..sekarang buat antisipasi obat juga bisa dengan ini kalau pengen tradisional. Thank for sharing
  • Saleho 16.5.21
    salam idul fitri
  • Ainun 20.5.21
    aku nihh kayaknya cukup sering kena asam lambung
    ternyata rutin makan pisang bisa membantu mengatasi ya, padahal dirumah banyak pisang tapi aku agak males makan, duhh

    oyaa bang anciss, selamat idul fitri, maap lahir batinn
  • Bisnis 6 21.5.21
    Selama ini saya sih pake kunyit tiap bangun tidur..
Cancel