Kelebihan Windows Dibandingkan Sistem Operasi Lain

Follow us on Google News

Kelebihan Windows Dibandingkan Sistem Operasi Lain - Siapa sih yang tidak tau Windows, salah satu sistem operasi terbaik yang ada di dunia tersebut saat ini menjadi sistem paling populer bersama dengan Mac OS dan Linux.

Popularitas windows di antara berbagai rivalnya tidak serta merta didapatkan begitu saja, ada proses dan pengembangan secara masif yang dilakukan oleh Bill Gates dan rekan-rekannya selama puluhan tahun sampai bisa berada di titik teratas seperti sekarang.

Kelebihan Windows Dibandingkan Sistem Operasi Lain
image source: pixabay.com

Lantas, kira-kira apa sih yang membuat windows lebih unggul untuk kebutuhan personal komputer maupun server web hosting murah DomaiNesia? Apakah fiturnya yang berlimpah, desainnya yang mudah digunakan, atau harganya yang murah?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini sudah kami rangkum berbagai kelebihan windows yang perlu kamu ketahui dibandingkan dengan sistem operasi lain. Selamat membaca!

Kelebihan Sistem Operasi Windows

Sebagai salah satu sistem operasi tertua di dunia, Windows sampai saat ini masih memiliki banyak kelebihan dibandingkan kompetitor di kelasnya. Inilah beberapa hal yang menjadi kelebihan Windows selama ini.

1. Ada banyak pilihan aplikasi

Aplikasi atau software adalah salah satu aspek yang dibutuhkan oleh para pengguna komputer. Adapun saat ini sebagian besar dari aplikasi komputer sendiri dibuat agar bisa digunakan pada sistem operasi windows karena OS ini memiliki pangsa pasar terbesar di kalangan pengguna. 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika menggunakan komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows, karena berbagai aplikasi populer sudah pasti bisa dijalankan oleh OS yang satu ini.

2. Mendukung sistem partisi

Istilah partisi mungkin masih terdengar agak asing bagi para pengguna awam, namun sebenarnya istilah ini merupakan hal umum yang bisa ditemui pada komputer atau laptop berbasis sistem operasi windows. 

Partisi sendiri berarti membagi kapasitas penyimpanan atau harddisk dalam sebuah komputer menjadi beberapa bagian sesuai fungsi dan peruntukan. Biasanya, pengguna akan membagi satu harddisk ke dalam 2-3 bagian yang terdiri dari Drive C untuk sistem, Drive D untuk penyimpanan file, dan Drive E untuk kebutuhan file lain.

Guna mengakomodir kelengkapan sistem partisi, sistem operasi Windows saat ini sudah mendukung sistem seperti NTFS, FAT 32, exFAT, dan lain sebagainya yang bisa dipilih sesuai selera atau kebutuhan masing-masing pengguna. Sangat menarik, bukan?

3. Relatif mudah diperbaiki dan dikembangkan

Menilik dari usianya yang sudah dikembangkan sejak lama, alhasil para teknisi dan ahli IT saat ini sudah semakin paham dan familiar dengan berbagai permasalahan yang kerap terjadi pada OS yang satu ini.

Jadi, ketika kamu menemukan error atau bug yang dirasa mengganggu produktivitas kerja atau performa komputer, maka bisa dengan mudah menemukan teknisi yang bisa menangani permasalahan yang sedang terjadi. 

Dengan semakin banyaknya teknisi yang paham akan sistem operasi Windows, secara tidak langsung hal ini juga bisa menurunkan biaya perbaikan yang perlu dibayar ketika service.

4. Tersedia aplikasi office yang user friendly

Seperti kita ketahui, sistem operasi Windows merupakan software yang dikembangkan oleh Microsoft, sebuah perusahaan teknologi raksasa yang juga banyak mengembangkan aplikasi untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. 

Nah, salah satu aplikasi populer dari Microsoft adalah Office. Ketika kamu menggunakan OS Windows, maka pilihan terbaik untuk melengkapinya yakni dengan menambahkan software produktifitas Microsoft Office yang punya tampilan sangat user friendly.

Kelebihan Windows Dibandingkan Sistem Operasi Lain
image source: pixabay.com

Microsoft office sampai saat ini banyak menjadi pilihan mayoritas perusahaan untuk mengolah angka, kata maupun data agar lebih teratur dan terstruktur. 

5. Ketersediaan update software

Dengan jumlah pengguna yang semakin banyak setiap tahunnya, mau tidak mau Microsoft harus terus selalu mengembangkan Windows dari segi fitur, performa, maupun dukungan keamanannya. Hal ini otomatis bisa dijadikan sebagai salah satu kelebihan Windows jika dibandingkan dengan sistem operasi lain yang belum tentu memiliki jadwal pembaruan secara rutin.

Di era serba teknologi seperti sekarang, proses pembaruan bisa menjadi faktor krusial karena semakin lama pengguna juga akan mudah bosan dan bisa beralih ke produk kompetitor. 

Baca juga: cara membuat website yang baik dan benar

6. Tingkat keamanan yang semakin baik

Kelebihan windows berikutnya yang bisa dijadikan pertimbangan adalah sistem keamanannya yang semakin hari tambah baik. Hal ini tidak lain disebabkan karena adanya prioritas pembaruan yang tinggi dari Microsoft, serta semakin meningkatnya pemikiran pengguna akan keamanan data pribadi yang selama ini masih belum teroptimasi.

Patut diakui, sistem yang ditawarkan pada Windows 10 terhitung punya dukungan keamanan yang terus membaik dari hari ke hari. Mulai dari adanya sistem anti malware, ancaman virus jenis baru, adanya penangkal spyware, dan masih banyak lagi.

7. Kemampuan multitasking yang cukup baik

Terakhir namun tidak kalah penting adalah dukungan multitasking yang belakangan semakin diperlukan oleh para pekerja digital. Sistem operasi Windows 10 mampu memberikan pengalaman multitasking yang cukup baik kepada pengguna berkat optimisasi software serta konsumsi RAM yang cukup efisien.

Itulah beberapa kelebihan windows dibandingkan sistem operasi lain yang ada saat ini. Bagaimana menurutmu, apakah semakin yakin untuk menggunakan OS yang satu ini?

LihatTutupKomentar
Cancel