Kelola Transaksi hingga Laporan Penjualan UMKM Dimanapun dengan Aplikasi POS

Bang Ancis Lifestyle - Sistem Point of Sales (POS) adalah langkah yang tepat untuk mengembangkan kegiatan transaksi, hingga pengelolaan pelanggan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tanah air menjadi lebih modern, praktis, dan efisien.

Sebelumnya, Point of Sales (POS) merupakan suatu sistem hasil perkembangan teknologi, yang diciptakan untuk mempermudah dan meningkatkan efisiensi proses transaksi bisnis perusahaan.

Umumnya, sistem ini terdiri dari perangkat hardware dan software yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk menunjang kegiatan bisnis penggunanya.

Dalam menjalankan sistem ini juga tergolong sangat mudah dan fleksibel. Alasannya karena saat ini, sistem transaksi tersebut sudah dapat dioperasikan di smartphone dan tablet baik yang berbasis Android maupun IOS.

Laporan Penjualan UMKM Dimanapun dengan Aplikasi POS

Maka dari itu, penggunaan sistem transaksi ini sangat cocok diterapkan bagi seluruh sektor UMKM Indonesia, mulai dari fesyen, kuliner, jasa kebersihan, kecantikan, produk kreatif, dan lain sebagainya. 

Sistem transaksi ini juga sangat cocok bagi para pelaku bisnis yang mengembangkan bisnis UMKM secara digital (online).

Mengutip data Kementerian Koperasi dan UMKM, jumlah UMKM Indonesia saat ini telah mencapai lebih dari 64 juta atau setara dengan 97 persen tenaga kerja nasional.

Jumlah yang fantastis tersebut menunjukkan, bahwa sektor UMKM merupakan salah satu tulang punggung sekaligus penggerak bagi perkembangan bisnis tanah air.

Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan optimalisasi kegiatan operasional UMKM, salah satunya pelayanan pelanggan. Dibutuhkan penerapan sistem POS yang baik secara merata, agar setiap UMKM di berbagai sektor dapat berkembang dan berkontribusi untuk perekonomian tanah air.

Manfaat Penggunaan Aplikasi POS bagi UMKM Indonesia

Ada ragam manfaat yang dapat diperoleh para pelaku UMKM tanah air apabila mengadopsi sistem Point of Sales (POS), dalam menunjang kegiatan operasional bisnis mereka. Berikut kelima manfaat penggunaan sistem tersebut.

1. Operasional UMKM Lebih Efisien dengan Sistem Otomatisasi

Pelayanan yang optimal dan efisien adalah salah satu kunci kesuksesan bagi para pelaku bisnis UMKM. Dalam mendukung tujuan kedua para pelaku UMKM tersebut, Point of Sales (POS) saat ini menghadirkan otomatisasi pada setiap aspek sistemnya.

Hal tersebut dapat lebih menyederhanakan pekerjaan para pelaku UMKM, sehingga tidak membuang banyak waktu dan tenaga dalam menjalani bisnis mereka.

Otomatisasi yang dimaksud mencakup integrasi data dalam melacak transaksi penjualan, inventori, karyawan, dan sebagainya. Data-data tersebut bisa ditelusuri secara otomatis dan real time.

Saat ini, seluruh spesifikasi kemampuan di atas dapat dilakukan hanya melalui satu perangkat saja. Aplikasi POS RedERP dapat melakukan hal serupa dengan tambahan fitur-fitur suportif di dalamnya.

2. Perekaman Transaksi Penjualan Lebih Rinci

Manfaat selanjutnya dari penggunaan sistem ini adalah mampu mendokumentasikan seluruh kegiatan transaksi penjualan secara terperinci.

Selain itu, seluruh data yang masuk juga akan disimpan dalam sebuah cloud, untuk memudahkan pengguna mencari informasi terkait sewaktu dibutuhkan

Aplikasi POS dari RedERP dapat melakukan operasional tersebut, bahkan mampu mencetak invoice atau struk sesuai nilai nominal transaksi secara otomatis.

3. Monitoring Inventaris Usaha Secara Real Time

Pencatatan inventaris usaha secara manual sudah tidak efisien lagi di tengah perkembangan teknologi saat ini. Proses pendataan dan monitoring inventaris kini sudah dipermudah lewat kehadiran aplikasi POS.

Sebagai contoh, aplikasi POS dari RedERP dapat membantu para pelaku usaha UMKM dalam melakukan memperbaharui pendataan inventaris bisnis secara berkala, komprehensif, akurat, dan sistematis

4. Pengelolaan Dapat Dilakukan di Berbagai Cabang Usaha

Perluasan cabang adalah mimpi utama bagi mayoritas pelaku usaha UMKM tanah air. Dalam menunjang upaya tersebut, aplikasi POS RedERP dapat membantu pengelolaan kegiatan pelayanan dan pengawasan pada beberapa cabang sekaligus.

Pelayanan optimal yang dilakukan secara konsisten di setiap cabang, akan berpeluang menumbuhkan loyalitas pelanggan luas terhadap suatu usaha UMKM.

5. Laporan Keuangan Usaha Lebih Komprehensif dan Akurat

Dengan menggunakan aplikasi POS pengelolaan laporan keuangan usaha UMKM dapat dilakukan secara mudah dengan hasil yang akurat dan komprehensif

Misalnya, aplikasi POS dari RedERP dapat menghasilkan laporan finansial yang mencakup berbagai aspek, mulai dari aktivitas transaksi, data tingkat penjualan produk tertinggi, pola belanja pelanggan, dan masih banyak lagi. Seluruh data yang dikelola oleh sistem juga sudah terjamin keakuratannya.

Alhasil, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan rangkaian data tersebut sebagai dasar evaluasi kinerja operasional dan strategi bisnis mereka di masa mendatang.

Sekian informasi yang disampaikan terkait topik kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu proses perkembangan bisnis UMKM Anda. Terima kasih!

Referensi: https://rederp.co.id/blog/sistem-pos/

Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar
Cancel