Pemberhentian Tenaga Honorer Perlahan Jadi Kenyataan, Yuk Jadi Penulis di Forata News!

Beberapa hari belakangan ini kabar seputar penghapusan tenaga honorer di lingkup Pemerintah Pusat hingga Kabupaten semakin santer terdengar.

Di Pulau Flores sendiri sudah ada beberapa kabupaten yang mulai ancang-ancang dengan penghapusan tenaga honorer di lingkungan Pemkab.

Beberapa Surat Edaran Bupati saat ini tengah beredar di tengah masyarakat yang mana semakin menambah penderitaan mereka yang akam diberhentikan.

Tenaga Honorer Dihapus Taun 2023
Foto: ANTARA/Irfan Anshori

Kabupaten Ende, tempat saya mengais rejeki, kurang lebih sudah sejak bulan November kemarin mengeluarkan surat edaran terkait nasib tenaga honorer ini.

Penghapusan Tenaga Honorer

Seperti yang diberitakan di FlorataNews.com dalam artikel "Tenaga Honorer di Lingkup Pemkab Ende Resmi Diberhentikan Pada 1 Januari 2023", disebutkan bahwa tenaga honorer yang akan diberhentikan berjumlah hingga 3.007 orang.

Ini baru jumlah tenaga honorer yang akan diberhentikan dari satu kabupaten saja, yakni Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Tidak terbayangkan berapa jumlah tenaga honorer seluruh Indonesia yang akan menjadi pengangguran pada 1 Januari 2023 mendatang.

Menyedihkan memang. Namun apa boleh buat, semua sudah ada aturan mainnya dan ini adalah aturan resmi yang wajib dilaksanakan dan ditaati.

Adapun aturan yang mengatur penghapusan tenaga honorer di lingkup Pemerintah Pusat dan Daerah adalah Surat Edaran Mempan RB No. B/185/M.SM.02.03/2022.

Surat resmi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ini mengatur tentang Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Dalam surat edaran ini pemerinta melalui Kemenpan RB menganjurkan diadakannya penataan PNS/ASN sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mana menghapuskan jenis kepegawaian selain PNS dan PPPK di lingkungan instansi masing-masing.

Dengan aturan yang termuat dalam SE Menpan RB inilah, nasib tenaga honorer di seantero NKRI bakal tenggelam di awal tahun 2023 nanti. Bang Ancis hanya berdoa semoga nasib memberikan yang terbaik untuk mereka.

Lowongan Jadi Penulis di FlorataNews.com

Terkait dengan diberhentikannya ribuan bahkan jutaan tenaga honorer di Indonesia pada awal tahun 2023, hal ini tentunya menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan.

Untuk mengantisipasi tingkat pengangguran, Bang Ancis coba menawarkan pekerjaan untuk Anda semua, baik tenaga honorer yang akan diberhentikan, orang biasa, pelajar/mahasiswa, dan atau sesama blogger.

Pekerjaan yang ditawarkan adalah menjadi penulis di media online. Tidak ada syarat sulit yang dibutuhkan dari para pelamar. Intinya Anda bisa menulis dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan tentu saja dimengerti pembaca.

Selain menjadi penulis di FlorataNews.com yang merupakan bagian dari Promedia Teknologi, lowongan pekerjaan ini juga terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung di jaringan Pikiran Rakyat.

Sekedar info, saat ini Bang Ancis sedang menjadi konten kreator di dua media online yakni floratanews.com dan floresterkini.pikiran-rakyat.com.

Kalau saja Anda tertarik, jangan sungkan mengunjungi websitenya dan langsung menghubungi nomor WhatsApp yang tersedia di halaman terbawah. Kami menunggu!

Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar
Cancel