Manfaat Dari Penggunaan Audit Energi

Daftar Isi [Tutup]
    Manfaat Dari Penggunaan Audit Energi

    Manfaat Dari Penggunaan Audit Energi - Salah satu isu strategis tentang ketahanan energi nasional dalam kaitannya dengan pembangunan ekonomi adalah tingkat kebutuhan dan penyediaan energi. Intensitas penggunaan energi (diperoleh melalui kegiatan audit energi) yang cukup tinggi sementara cadangan minyak nasional yang semakin menipis menuntut semua pihak untuk melakukan pengelolaan dan manajemen energi dengan lebih bijak. Hal ini sejalan dengan berkembangnya isu lingkungan akibat pemanasan global, yang mendorong industri untuk menekan laju emisi gas buang seminimal mungkin.

    Audit energi adalah proses evaluasi pemanfaatan energi dan identifikasi peluang penghematan energi serta penetapan rekomendasi peningkatan efisiensi pada pengguna energi dan pengguna sumber energi dalam rangka konservasi energi.

    Walaupun bisa dilakukan sendiri oleh pihak perusahaan atau pengelola, Anda juga bisa menggunakan jasa layanan Audit Energi Listrik untuk membantu pengelolaan dan prosesnya dengan menggunakan Layanan Sewatama. Ketika melakukan proses audit energi, maka ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan. Apa saja itu?

    Berikut Beberapa Manfaat Dari Penggunaan Audit Energi

    1. Meningkatkan Pengetahuan Perusahaan Terkait Efisiensi Energi

    Seringkali banyak pihak industri atau perusahaan yang tidak sadari telah melakukan proses audit energi. Dengan melakukan proses audit energi, maka secara tidak langsung Anda bisa menambah ilmu dan pengetahuan terkait hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengefisiensi penggunaan energi.

    2. Menghemat Berbagai Sumber Energi yang Tidak Bisa Diperbaharui

    Batu bara, minyak bumi, dan gas alam merupakan jenis sumber daya alam yang sering digunakan untuk menjalankan proses industri. Sayangnya banyak orang yang meremehkan penggunaannya dan melakukan eksploitasi secara besar-besaran. Dengan adanya audit energi, maka penggunaan berbagai sumber energi yang tidak bisa diminimalisir dan diganti dengan sumber daya alternatif.

    3. Mengidentifikasi Biaya dari Energi yang Terbuang

    Dengan melakukan proses audit energi, maka Anda juga bisa mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan dari jumlah energi yang terbuang. Ketika sudah mengetahui jumlah biaya yang dikeluarkan, tentu Anda bisa memperhitungkan kembali hal-hal yang harus dilakukan sehingga proses penghematan energi bisa dilakukan.

    Jadi ada bisa langsung menggunakan Audit energi listrik dengan pelayanan terbaik seperti Layanan Sewatama.

    Baca Juga

    15 comments:

    1. Energi memang harus diaudit
      Dulu saat saya kerja di perusahaan
      Tiap berapa bulan ada pengecekan atau pengauditan energi

      ReplyDelete
    2. Ternyata banyak juga kegunaan audit energi ya, jadinya tahu bagaimana caranya agar bisa melakukan efesiensi, apalagi jika energinya berasal dari bahan yang tidak bisa diperbaharui seperti minyak bumi dan batubara.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yah benar sekali Mas Agus. Dengan audit kita bisa tahun pos mana-mana yang boros akan energi dan tidak efisien, dengan begitu bisa kita lakukan penghematan...

        Delete
    3. Bagus banget adanya audit energi.
      Kita jadi lebih bisa ikut mudah mengontrol penghematan energi dan makin paham bagaiana efek kedepannya kalau sampai terjadi persediaan minyak bumi habis.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bro, hanya saja belum semua kita melakukan hal ini ya?

        Delete
    4. Peduli penggunaan energi itu penting banget. Harusnya jadi kesadaran tiap orang ya bang.. Tapi masih suka lupa matiin kran air saat gosok gigi, boros pakai listrik hehe.. Masih harus banyak belajar nih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama bro.. Yah mesti bagaimana ya biar kesadaran bisa tumbuh dari dalam diri sendiri..

        Delete
    5. Sebagai orang awam, jadi sedikit lebih tahu tentang manfaat dari audit energi seperti ini.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Oke brow.. semoga bisa menjadi bekal kehidupan mendatang, hehehee

        Delete
    6. ini bermanfaat sekali pak buat menghemat energi listrik
      saya simpan dulu artikelnya
      terimakasih ulasannya ya pak

      ReplyDelete
    7. Baru tau kalo ada audit penggunaan energi. Jadi bisa tau penggunaan energi serta bisa menghematnya.

      Terima kasih buat informasinya ya Bang.👍

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama-sama bro.. thanks dah mampir..

        Delete
    8. baru tahu soal sewatama. penting banget sih, memakai energi dengan bijak sesuai kebutuhan.

      ReplyDelete