Daftar Aplikasi Terbaik Untuk Jaringan Bisnis

Aplikasi Untuk Bisnis

Sepertinya saya tidak perlu lagi membahas dampak positif dari internet. Saya percaya saja semua kita sudah tahu dan bahkan sedang menikmatinya. Tapi satu yang pasti dan diakui oleh banyak pihak kalau hadirnya internet sudah menjadi sebuah anugerah bagi jaringan-jaringan bisnis. Seluruh dunia sudah terhubung hanya dalam hitungan detik, asal ada koneksi internet.

Kapan saja kita ingin berkomunikas, tinggal menghubungi klien atau staf secara langsung secara online. Cara-cara jadul seperti membuat pengumuman, undangan yang disebar atau mengontak satu persatu klien atau staf sudah tidak jamannya lagi.

Dengan hadirnya internet, muncul pula bermacam-macam layanan dan aplikasi yang memudahkan kita untuk membuat koneksi profesional guna membantu meningkatkan prospek bisnis. Bagian yang sedikit sulit adalah cara mengidentifikasi sasaran yang perlu kita jangkau. Namun lagi-lagi internet menyederhanakan proses ini, terutama melalui situs web jaringan bisnis semi-sosial yang hampir semuanya sudah memiliki aplikasi yang bisa kita tanam pada ponsel pintar kita.

Situs-situs ini sangat berguna, karena mereka tidak hanya memberikan informasi seputar latar belakang bisnis dan hal-hal kredensial orang yang menjadi sasaran, tapi dapat juga membantu kita mengetahui orang-orang yang terhubung dengannya.

Ketika kita memanfaatkan situs web jaringan bisnis semi-sosial ini maka kita tidak akan sulit menemukan orang-orang yang sefrekuensi dengan kita. Hanya dengan sedikit penelitian kita bisa dengan mudah menemukan dengan tepat siapa yang perlu kita cari. Inilah salah satu manfaat yang baik dari aplikasi dan situs jaringan bisnis.

Berikut Daftar Aplikasi Terbaik Untuk Jaringan Bisnis

1. LinkedIn

Coba tanya saja pada salah satu sesepuh dunia internet tentang jaringan bisnis online. Saya yakin kemungkinan besar mereka akan menyebut LinkedIn. Ini adalah sebuah situs bisnis klasik yang sudah banyak digunakan .

Cara kerja LinkedIn cukup mudah. Situs ini memungkinkan kita untuk membuat profil bisnis yang lengkap yang memungkinkan orang lain menemukan kita. Jika merasa cocok, mereka akan menghubungi kita atau sebaliknya. Kita lalu saling terhubung baik sebagai teman atau bisa dijadikan sebagai sasaran bisnis kita.

Namun, meski jaringan bisnis tetap menjadi bisnis inti LinkedIn, seiring kemajuan jaman, LinkedIn telah berkembang yang menyediakan layanan daftar pencarian pekerjaan, serta kursus pelatihan bisnis melalui LinkedIn Learning.

2. GroupMe

GroupMe merupakan aplikasi pesan grup besutan Microsoft. Cara kerja GroupMe mirip dengan aplikasi obrolan lainnya. Namun fungsi GroupMe lebih pada aplikasi obrolan grup meski menyediakan opsi untuk obrolan secara pribadi.

Selain komunikasi berbasis teks, GroupMe juga mendukung gambar, video, dokumen, dan hyperlink web. Aplikasi GroupMe tersedia untuk Android, iOS, dan Windows 10, tetapi pengguna dengan perangkat lain juga dapat terhubung melalui SMS. Hal ini membuat layanan GroupMe bisa diakses melalui semua jenis ponsel, jadul sekalipun atau bagi mereka yang lebih memilih untuk tidak mengunduh aplikasi.

3. Shapr

Untuk teman-teman yang sedang mengembangkan bisnis secara online, Shapr bisa menjadi pilihan. Shapr merupakan sebuah layanan jaringan bisnis yang dibuat khusus untuk menghubungkan orang-orang yang bekerja di industri, minat dan tujuan yang sama dengan kita.

Aplikasi ini memiliki kemiripan dengan aplikasi kencan karena mampu menemukan dan menampilkan siapa saja orang-orang yang berada di sekitar kita. Asalkan mereka juga menggunakan aplikasi ini. Dengan kemampuannya ini, kita bisa menemukan orang yang sefrekuensi sehingga kita mudah melakukan kerjasama bisnis.

4. Bizzabo

Dengan slogan One Platform For All Events, Bizzaboo melalui aplikasi selulernya memungkinkan pengguna menemukan acara yang relevan untuk dihadiri berdasarkan lokasi dan minat. Cara kerjanya masih mirip dengan aplikasi kencan. Event-event yang akan terjadi di sekitar lokasi kita bakal ditawarkan oleh Bizzabo. Event-event ini biasanya berbau bisnis. Jadi, dengan layanan ini, seorang pebisnis bisa menemukan sebuah event, apa materinya, siapa saja yang ikut beserta alamatnya lengkap. Jika ingin memperluas jaringan bisnis, Bizzabo bisa menjadi salah satu pilihan alternatif.

5. Invitly

Aplikasi jaringan bisnis profesional terakhir yang saya informasikan adalah Invitly. Layanan ini dibuat untuk mempertemukan para profesional dalam bidang bisnis yang memiliki kesamaan visi dan misi. Mereka bisa terhubung satu sama lain yang memungkinkan pertukaran ide dan umpan balik di dalam komunitas itu sendiri. Ada juga pilihan layanan lain seperti bimbingan dan pelatihan yang bisa membantu pengembangan bisnis pribadi dan profesional.

Dengan Invitly, kita bisa menggunakannya untuk mengatur pertemuan bisnis dengan pengguna lain. Namun, jika teman-teman mencari alternatif untuk LinkedIn, Invitly mungkin layak untuk dicoba.

dirangkum dari berbagai sumber

LihatTutupKomentar

13 Komentar

  • dear anies 16.1.21
    so far saya cuma pernah dengan LinkedIn sahaja yang lain tak pernah lagi...
  • Agus Warteg 17.1.21
    Dari kelima website itu yang paling sering aku dengar LinkedIn, yang lain baru tahu. Tapi belum pernah pakai LinkedIn sih. Kukira semacam media sosial ternyata layanan bisnis ya bang.😃
  • Intan Sudibjo 17.1.21
    LinkedIn, sebagai blogger awalnya saya kira untuk share post doang, namun lambat laun ternyata malah sekarang terkenal menjadi tempat cari kerja, seperti yang disampaikan di atas
  • Ainun 17.1.21
    yang tau dan punya akun hanya di LinkedIn
    yang lain perlu di kepo-in nih, biar banyak tau juga kelebihan masing masing
  • Gustyanita Pratiwi 18.1.21
    aku punyanya linkedin mas, tapi itu untuk keperluan pas masih gawe jadi reporter dulu,lumayan bisa dapat link dan terhubung dengan orang penting di banyak lini pekerjaan kalau linkedin mah...cuma belum kuupdate lagi
    • Bang Ancis 18.1.21 ✖
      Koq sama? Saya juga punya akun di sana dari dahulu kala, hanya sudah bertahun-tahun tidak login..
  • Jaey Zone 19.1.21
    Sesuai urutannya No-1, cuma Linkedin yang kukenal yg lainnya sepertinya baru ya, baru kukenal 🤣

    Aku sering dapat email dari Linkedin, entahlah banyak yg add aku, awalnya aku GR, "wah ternyata aku keren juga banyak yg add", tapi kucueki semuanya, aku gak ngerti apa itu 🤣
    • Bang Ancis 19.1.21 ✖
      Bener sekali Mas Jz. Rata-rata blogger memang lebih mengenal LinkedIn hahaha.. Kita sama...
Cancel