Mengenal Berbagai Peralatan Profesional di Dapur Komersial

Follow us on Google News

Berbeda dengan dapur profesional lain yang biasa dimiliki oleh sebuah restoran maka dapur komersial sedikit berbeda. Hal ini tentu saja didasarkan pada konsep berbagi dimana dapur tersebut dapat digunakan atau disewa oleh beberapa pemilik usaha kuliner sekaligus asalkan kapasitasnya mencukupi.

Mengenal Berbagai Peralatan Profesional di Dapur Komersial

Apa saja Peralatan Dapur yang Harus Dimiliki?

Perlu diketahui jika peralatan masak yang digunakan oleh dapur profesional biasanya memiliki ukuran yang besar serat memiliki harga yang mahal. Oleh sebab itu, tidak semuanya pemilik usaha mau membelinya. Jika dihitung-hitung, menyewa dapur profesional jauh lebih hemat dibandingkan membeli peralatan baru.

Jika Anda penasaran atau berminat menggunakan jenis dapur seperti ini maka ada baiknya jika Anda mengetahui peralatan apa saja yang harus dimiliki dapur profesional. Dengan begitu proses memasak akan jauh lebih ringan dan efisien.

1. Oven berkapasitas besar

Oven dengan ukuran ini merupakan peralatan penting dalam memasak berbagai hidangan terutama untuk daging atau memanggang kue. Dengan kapasitasnya yang lumayan besar maka Anda bisa memasak lebih banyak bahan makanan. Selain lebih hemat waktu dan tenaga cara ini juga bisa menghemat bahan bakar atau listrik.

2. Kompor dengan panas yang stabil

Kompor yang digunakan untuk dapur profesional sedikit berbeda dengan dapur yang biasa digunakan di rumah-rumah biasa. Selain ukurannya yang lebih besar, panas serta api yang dihasilkan biasanya jauh lebih tinggi dan juga stabil. Hal ini bertujuan agar proses pemasakan berjalan lebih cepat dan matang sempurna.

3. Deepfryer

Alat penggorengan satu ini bisa dikatakan sebagai alat masak yang wajib ada di dapur profesional. Selain untuk menggoreng kentang, alat ini juga bisa digunakan untuk menggoreng berbagai bahan makanan lainnya seperti ayam goreng,tempura dan sebagainya dengan lebih cepat dan dalam jumlah yang banyak.

4. Griddles

Alat masak ini memiliki fungsi yang mirip dengan grill yaitu untuk memanggang daging. Bedanya,alat ini memiliki lapisan metal datar yang kuat sehingga bisa digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan yang berbeda dalam satu waktu. Lebih hemat waktu dan tenaga.

5. Lemari es berukuran besar

Karena akan digunakan untuk bisnis maka ukuran lemari es yang digunakan harus besar. Namun, usahakan untuk membeli jenis lemari es yang sesuai karena di pasaran terdapat banyak sekali jenis lemari es yang beredar. Selain besar, pastikan jika lemari tersebut memiliki beberapa section khusus sehingga memudahkan Anda untuk mengelompokkan bahan makanan.

6. Pots

Pots tidaklah sama dengan pan sehingga pastikan Anda tidak salah memahaminya. Alat ini sendiri memiliki beberapa jenis seperti stockpots, saucepots, pasta cooker, dan masih banyak lagi. Semuanya memiliki ukuran serta fungsi yang berbeda-beda sehingga jangan sampai salah karena jika tidak hati-hati bisa membuat proses masak-memasak terganggu.

7. Talenan dan pisau yang berbeda

Meskipun terlihat sepele tetapi penggunaan pisau serta talenta yang berbeda-beda untuk setiap jenis bahan makanan memiliki alasan sendiri yaitu keamanan. Jika Anda menggunakan peralatan yang sama untuk semua jenis bahan makanan maka risiko terjadi kontaminasi silang sangatlah besar. Padahal kontaminasi seperti ini bisa sangat berbahaya karena mengganggu kesehatan.

Peralatan Profesional di Dapur Komersial
image source everplate.co.id/id

Dapur yang bagus adalah yang siap pakai

Perlu diketahui jika tidak semua dapur profesional memiliki fasilitas yang sama. Ada yang fasilitasnya standar tetapi ada juga yang sangat bagus. Namun, yang paling penting ketika Anda memilih dapur yang akan digunakan bersama-sama adalah pihak pengelola yang terpercaya.

Memang tidak mudah mencarinya namun masih ada pihak seperti everplate.co.id yang mampu menyediakan dapur bagus dengan fasilitas yang siap pakai. Dengan pengalaman selama lebih dari 7 tahun tentu kinerja dari penyedia dapur komersial ini tidak perlu diragukan lagi.

LihatTutupKomentar

2 Komentar

  • Ursula Meta Rosarini 23.6.21
    Aku termasuk yang pengen banget punya dapur lengkap, wlpn aku ga bisa masak, tp kalau peralatan lengkap dan pengen masak sesuatu, bisa lah liat2 resepnya di youtube ya bang, hihihi
    • Bang Ancis 24.6.21 ✖
      Nah seperti itu.. skrg kan banyak yg belajar lewat yutub.. Btw beneran Mbak Meta gak bisa masak nih?
Cancel