Begini Cara Alami Redakan Nyeri Sendi

Follow us on Google News

Begini Cara Alami Redakan Encok Pada Sendi Kaki - Hampir semua orang pernah mengalami nyeri sendi, nyeri sendi lutut, bahu, leher dan nyeri sendi jari tangan. Peradangan pada sendi biasanya disebabkan oleh beberapa hal, namun umumnya nyeri sendi terjadi pada orang yang sudah lanjut usia.

Sayangnya kebanyakan orang yang mengalami nyeri sendi atau encok ini enggan untuk berobat dan lebih menyepelekan penyakit ini. Bahkan di Indonesia sendiri daripada membeli obat nyeri sendi, banyak yang memilih pergi ke tukang pijat.

Sendi merupakan bagian tubuh yang rentan dan rawan sehingga apabila melakukan pengobatan dengan metode pemijatan tersebut sangat salah, karena bisa berakibat fatal.

Begini Cara Alami Redakan Nyeri Sendi

Dokter pun menyarankan apabila mengalami nyeri sendi harus segera diobati bukan dengan terapi pijat. Terapi pijat hanya boleh apabila pasien cuma menderita pegal saja, selebihnya sangat tidak dianjurkan.

Encok biasanya menyerang bagian sendi-sendi tubuh, seperti ibu jari kaki, tumit, lutut, jari-jari, bahkan siku. Rasanya tentu saja nyeri. Nyeri yang ditimbulkan tak jarang membuat tidur kita tidak nyaman.

Selain nyeri, kita juga bisa melihat bahwa sendi yang terserang biasanya berwarna merah, bengkak, berdenyut-denyut, terasa lembek dan kaku. Jenis encok seperti ini disebabkan oleh terakumulasinya uric acid di dalam persendian.

Uric acid adalah zat uraian dari purine. Purine sendiri adalah zat yang dihasilkan tubuh dan juga terkandung dalam beberapa makanan. Biasanya, uric acid akan diproses tubuh secara alami dan dikeluarkan melalui air seni.

Namun, pada penderita encok, uric acid tidak bisa diproses tubuh dan akan menumpuk di sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri. Tentu saja ada pengobatan yang harus dilakukan guna menyembuhkan encok tersebut. Namun, ada juga beberapa cara yang bisa digunakan untuk meredakan rasa nyerinya.

Begini Cara Alami Redakan Nyeri Sendi

Pertama: Istirahatkan Sendi

Pertama, apabila rasa nyeri mulai menyerang, kita harus mengistirahatkan sendi yang terserang. Contohnya, apabila yang terserang adalah ibu jari kaki, maka kita harus berbaring seharian dan pastikan sama sekali tidak memfungsikan kaki kita.

Gerakkan kaki seperlunya dan sesedikit mungkin. Setelahnya, harus pastikan bahwa sendi yang terkena harus diangkat lebih tinggi dari bagian tubuh yang lain. Kita bisa menggunakan tumpukan bantal untuk menyangga kaki.

Pastikan bahwa sendi yang terserang tidak tersenggol apapun. Ini karena biasanya sendi yang sakit amat sensitif, bahkan sentuhan lembut sprei pun bisa memicu rasa nyeri.

Kita harus beristirahat selama sehari semalam sampai rasa sakitnya mereda. Atau, bisa juga merendam kaki dengan larutan air garam. Ini hanya berlaku untuk kasus encok yang terdapat pada kaki.

Airnya harus cukup hangat untuk bisa melarutkan garam. Setelahnya, kita bisa merendam kaki selama kurang lebih satu jam di dalam larutan air garam tersebut.

Kedua: Konsumsi Makanan Penguat Sendi

Terkait jenis makanan untuk sendi lutut kita, disarankan untuk mengkonsumsi buah cherry. Ada banyak varian cherry yang bisa kita temukan. Yang bisa digunakan untuk meredakan encok atau nyeri sendi adalah jenis bing cherry.

Kita bisa mengkonsumsinya sebagai buah segar dengan memakan enam sampai sepuluh butir per hari, atau bisa juga mengkonsumsinya sebagai camilan dengan buah cherry kering. Jus cherry juga bisa diminum secara rutin setiap harinya.

Sebaliknya, ada juga beberapa makanan yang harus hindari karena mengandung purine yang tinggi. Jenis makanan tersebut adalah seafood, daging merah, soda, makanan berlemak jenuh, jamur, dan makanan dengan pemanis buatan.

Pastikan juga untuk menjaga berat badan di titik normal, karena kebanyakan orang dengan berat badan berlebih yang sering mengalami encok.

LihatTutupKomentar

5 Komentar

Cancel