KRI Klewang, Kapal Perang TNI Terbaru dan Tercanggih

KRI Klewang, Kapal Perang TNI Terbaru dan Tercanggih
Sudah sekian tahun kita tidak mendengar berita heboh dari angkatan perang kita, TNI. Menurut cerita-cerita, dulu Angkatan Perang kita memang memiiki pengaruh yang besar di kawasan Asia bahkan ditakuti. Namun setelah kemerdekaan, dan bangsa kita sibuk dengan pembangunan, pemimpin-pemimpin pun naik dan turun silih berganti, gaung kedigdayaan angkatan perang kita perlahan menghilang. Sesekali terdengar, itu pun kalau ada yang jahil melanggar batas Negara, tapi tidak seberapa. Namun kali ini, sebuah kehebohan justru dating dari Angkatan Perang Indonesi, yakni TNI Angkatan Laut. Mereka, tanpa banyak omong ternyata saat ini memiliki sebuah kapal perang terbaru dan diklaim sebagai kapal perang tercanggih.  Yang lebih mengagetkan kita adalah Kapal Perang TNI AL yang diberi nama KRI Klewang ini dirancang dan dibuat di dalam negeri kita sendiri yakni di galangan kapal North Sea Boats di Banyuwangi, Jawa Timur. Apa saja kelebihan dari KRI Klewang, Kapal Perang TNI Terbaru dan Tercanggih  ini? Mari lanjutkan membaca...
KRI Klewang, Kapal Perang TNI Terbaru
Walaupun belum melihat secara langsung, namun dari beberapa gambar yang ada di internet saya bias menyimpulkan bahwa kapal perang KRI Klewang ini digolongkan sebagai Kapal Cepat Rudal (KCR). Wow… Desainnya mengambil design Trimaran atau jenis kapal berlunas tiga. Bayangkan, desain kapal perang seperti KRI Klewang, selama ini baru diadopsi oleh AS dan beberapa negara Eropa sana namun belum digunakan secara luas.

Penggunan bahan dasar carbon foam sandwich untuk aplikasi kapal dengan skala yang luas seperti KRI Klewang adalah suatu hal yang baru karena belum pernah diterapkan di luar Eropa dan merupakan sebuah representasi kemutakhiran teknologi di bidang rekayasa structural dan produksi.

KRI Klewang, Kapal Perang TNI Terbaru dan Tercanggih
Ada hal lain yang unik dari kisah pembuatan KRI Klewang ini. Keunikan lain itu adalah material yang dipakai untuk membuat bodinya berbahan dasar serat karbon vinylester. Sekedar informasi, serat karbon vinylester ini fungsinyalah yang hebat, yakni membuat kapal perang terbaru Indonesia ini sulit terdeteksi oleh radar. Pengembangan KRI Klewang dilakukan setelah melalui proses riset dan pengembangan selama 24 bulan dengan menggandeng perusahaan desain kapal asal Selandia Baru, LOMOCean.
KRI Klewang, Kapal Perang TNI Terbaru
Spesifikasi Umum KRI Klewang :
Panjang total: 63 meter
Lebar: 16 meter
Batas air: 1,2 meter
Kecepatan maksimal: 30+ knots
Daya jangkau: 2.000+ mil laut
Kapasitas tangki BBM: 50.000 liter
Mesin utama: 4 x MAN Marine Diesel

KRI Klewang, Kapal Perang TNI Terbaru dan Tercanggih
Gaya desain dan bahan dasar pembuatan bodi kapal ini banyak menawarkan keunggulan, di antaranya lebih ringan, lebih kuat dan tahan lama. Tahan lama karena material komposit serat karbon diklaim tidak akan berkarat. KARI Klewang ini menggunakan tenaga mesin diesel MAN Marine V 12 dan waterjet MJP 550. Letak mesinnya ada pada lunas tengah dan juga di masing lunas kiri dan kanan. Hal ini bertujuan agar dapat menghasilkan tenaga pendorong yang maksimal dan kemampuan bermanuver yang baik.

Kapal Perang TNI Angkatan Laut, KRI Klewang ini memiliki panjang 63 meter serta tiga lantai dek. Meurut rencana, kapal ini bakal berawak 29 personel.  Kapal ini bisa juga memuat perahu motor jenis Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) sepanjang 11 meter) yang fungsinya untuk penerjunan personel pasukan khusus.

KRI Klewang juga didesign sedemikian rupa agar bisa dipersenjatai dengan berbagai tipe dan system rudal, seperti rudal C705 buatan China, RBS15, Penguin atau Exocet, meriam 40–57 mm serta senjata tembak cepat “Close in Weapon System (CIWS)” dan beberapa yang lainnya.

KRI Klewang ini sebenarnya sudah diluncurkan pada akhir bulan Agustus lalu. Untuk saat ini kapal masih akan menjalani beberapa uji coba di lautan serta pemasangan sistem deteksi dan persenjataan. Kapal pertama dari empat kapal bertipe serupa yang dipesan TNI AL ini ditargetkan bisa beroperasi penuh pada awal 2013. Mari member Support ya…

Ditulis Ulang dari berbagai sumber...

Terima Kasih Kunjungannya
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

0 Response to "KRI Klewang, Kapal Perang TNI Terbaru dan Tercanggih"

Post a Comment

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *