Pahlawan Yang Dilupakan

Pahlawan Yang Dilupakan. Memangnya ada? Siapa saja? Di mana mereka sekarang? Hidupnya seperti apa? Bagaimana negara memperhatikan mereka? Yah kita, ketika mendengar kalimat Pahlawan Yang Dilupakan, berbagai pertanyaan seperti yang sudah saya sebutkan di awal tadi mungkin saja bermunculan di kepala. Lantas bagaimana keberadaan serta nasib mereka setelah melewati berbagai pertempuran jaman dahulu?

Jawaban yang sementara ini saya berikan adalah tidak tentu. Ada yang benar-benar diperhatikan negara namun tidak banyak yang dilupakan. Miris memang. Bahkan, entah sengaja atau tidak sengaja, salah seorang veteran, mantan tentara jaman dahulu dijadikan bahan mainan/ejekan di sosial media.

Cerita kurang mengenakan ini saya peroleh dari salah satu forum online besar di Indonesia. Dialah Bapak bernama Anwar. Lihat fotonya dululah:
Pahlawan Yang Dilupakan
Jadi Bahan ejekan di Beberapa Sosmed
Menurut pengakuannya, beliau dilahirkan di Tanah Kuranji, Padang, Sumatera Barat. Kisah seputar masa kecil dan masa sekolah tidak banyak yang mengetahuinya. Lahir dan besar di jaman perang, siapa yang bisa mengingatnya dengan jernih? Namun satu yang pasti, beliau, Pak Anwar ketika itu turut berperang. Berjuang mengusir penjajah.

Kisahnya pun berlanjut setelah Negara kita ini, Indonesia Merdeka. Pemerintahan yang baru mulai berbenah. Pembangunan di mana-mana. Rakyat ketika itu bersorak gembira atas kemerdekaan yang kita raih. Namun apa yang didapatkan oleh Bapak Anwar ini. Tidak ada. Bahkan beliau akhirnya menjadi seorang pengemis jalanan. Hidupnya hanya di jalanan. Hidupnya bergantung pada belas kasihan orang yang melihatnya. Untung masih ada orang baik yang mengijinkan beliau untuk tinggal di rumahnya. Hanya untuk tinggal, sementara kegiatan baru beliau yakni Mengemis tetap beliau jalani.

Memang beliau pernah mendapatkan sebuah surat dari pemerintah, namanya Bintang Gerilya dimana surat tersebut merupakan bukti agar beliau bisa mendapatkan tunjangan dari pemerintah. Tapi, namanya juga orang tua, surat tersebut malah hilang. Beberapa orang mencoba memperjuangkan nasibnya ke Jakarta, mereka berusaha agar Pak Anwar bisa mendapatkan tunjangan, namun lagi-lagi kandas lantaran tanpa bukti Surat Bintang Gerilya tadi.
veteran perang yang dilupakan
Akhirnya, setelah segala usaha untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah gagal, beliau kembali melanjutkan hidupnya lagi yang dari seorang tentara menjadi pengemis lalu menjadi pengemis lagi hingga suatu saat, awal Januari 2014 kemarin, ada kabar yang menyatakan bahwa beliau, Bapak Anwar, Seorang Veteran Perang itu telah berpulang. Beliau meninggal dunia dalam segala kekurangan meski kemajuan negeri yang dibelanya dahulu sudah mengalami kemajuan yang begitu mengagumkan.

Selamat Jalan Pak Anwar... Semoga Kebahagiaan Menemani Hidupmu di Alam Sana...

Mari Bernyanyi :

Pahlawan Yang Dilupakan by Boomerang


Rambut memutih
Wajah berkerut
Cekung dadanya & Kurus tubuhnya

Perang dan juang
Kini berlalu
Menjelma kemakmuran, Negaranya
Dia...
Terlupakan...

Ditepi jalan duduklah ia...
Mainkan kecapi tua

Melagukan derita
Dan lagu juangnya...
Selendang sutra
Kau prajurit
Kau pahlawan
Kau tlah dilupakan

Tiada bintang...
Tanda jasa,
Imbalan bakti dan juangmu

Nonton Videonya di Youtube : http://www.youtube.com/watch?v=HBeUkrgeVtQ
atau Nonton Versi Originalnya by The Gembells : http://www.youtube.com/watch?v=jQZJLVsbel4

***

Wajib Mampir, Wajib Baca dan Wajib Join :

Terima Kasih Kunjungannya
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

19 Responses to "Pahlawan Yang Dilupakan"

  1. kasih banget nasib nya ya mas. Semoga dalam keadaan sehat pak anwar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. denger2 sih dah meninggal dunia beliaunya...

      Delete
    2. owh begitu, semoga aja arwah beliau bisa tenang disana ya mas amin :)
      soalnya kasihan kalau sudah tua malah jadi gelandangan getu :)

      Delete
  2. emm emm kasihan pak anwar,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain beliau, masih banyak koq... coba maen ke link2 yg sy kasih di atas...

      Delete
  3. Saya mau katakan, itulah negri ini sebagai contoh kisah pahlawan terlupakan tapi saya tidak tau, seperti apa negri ini hingga ada kekasih yang tidak di pedulikan.
    Semoga Allah memberi tempat mulia disisinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. pengorbanan yang tulus, mmg mereka tidak minta tapi setidaknya kita yg tidak ikut mengusir penjajah tempo dulu tau dirilah.. punya rasa terima kasihlah... selain pak Anwar di atas, masih banyak lainnya yg belum muncul di permukaan..

      Delete
  4. andai surat Bintang Grilyanya tidak hilang mungkin nasibnya tak seironis seperti itu ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... tp mu bgmna... nasi sudah menjadi kolak... ehheheh

      Delete
  5. mantap mas,, lanjutkan sharingnya ya
    jangan lupa follow dan kunjangannya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya.. ini komentar manual apa pakai bot? Hahahaha.. soalnya 100% mirip dengan artikel sebelah...

      Delete
  6. saya jadi merinding bacanya heeuuu.. sedih banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama brow.. apalagi baca di link2 yg saya sebutkan di atas... sungguh trais..

      Delete
  7. Bener banget mas, masih banyak veteran yang hidupnya sangat tidak layak. Padahal dulu dia berjuang bertaruh nyawa agar bangsa ini merdeka. Tetapi hanya bangsa dan para pejabatnya yang merdeka. Dan sampai saat ini masih banyak veteran yang hidupnya merdeka. Miris banget mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hidupnya menderita apa merdeka?? akh komentnya Mas Nady kali ini bikin saya fingung...

      Delete
  8. sebagai warga negara sebaiknya kita punya rasa saling menolong dan membantu ya mas kepada orang lain. Kalau kita individualisme, sehingga nilai nilai bangsa indonesia jadi terlupakan :)

    ReplyDelete
  9. Padahal bagsa yang besar itu adalah bangsa yang tidak pernah melupakan jasa para pahlawannya, perjuangannya tidak akan sia-sia jika kita sebagai penerus terus berusaha untuk mengubah negeri ini dengan segala kreatifitas...

    ReplyDelete
  10. Saya gak bisa kasih komentar apa-apa, miris banget. Seandainya saja saya yang jadi Presiden, Huffttt....

    ReplyDelete
  11. sedih juga ya mas kalau kita tahu kisah perjuangan beliau ikut membela bangsa ini

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *