Kiat Basmi Rayap Di Rumah

Kiat Basmi Rayap Di Rumah - Dalam kehidupan sehari-hari, Rayap Kayu yang menggerogoti peralatan rumah bisa dianggap sebagai mimpi buruk. Rayap adalah sejenis serangga yang mampu merusak dari dalam hingga bagian luar segala jenis perabotan rumah yang terbuat dari kayu. Keberadaan rayap ini masih sulit ditemukan. Sekedar melihat dengan kasat mata pun sedikit kesulitan, karena itu anda disarankan untuk mengecek dan merawat segala perabotan rumah tangga secara rutin agar nantinya tidak kaget ketika ada yang keropos dan rusak.

Rayap adalah serangga yang sangat berbahaya. Untuk Indonesia sendiri, keluhan akan serangan rayap sudah banyak. Hal ini disebabkan banyaknya perabotan rumah baik itu kursi, sofa, lemari, meja dan lain sebagainya yang terbuat dari kayu. Menghadapi masalah rayap ini, tentu banyak orang yang dibuat sibuk, baik itu sibuk mengganti perabotannya yang rusak oleh rayap maupun sibuk mencari cara basmi rayap.

Sebelum kita membahas bagaimana cara membasmi rayap, ada baiknya terlebih dahulu kita berkenalan dengan Beberapa Jenis Rayap Yang Ada Di Dunia, berikut ini :
Beberapa Jenis Rayap Yang Ada Di Dunia

Kalotermes flavicollis, rayap ini dikenal sebagai rayap dengan leher kuning dan bereproduksi di dalam kayu yang ia hancurkan. Selain memakan kayu dari dalam, rayap ini juga beranak pinak. Setelah besar mereka keluar dari bagian kayu dan pindah ke tempat lain, membuat sarang, lalu memakan kayu dari dalam. Begitu seterusnya hingga tak terbatas.

Reticulitermes lucifugus, rayap jenis ini disebut sebagai rayap bawah tanah karena keberadaan mereka sangat tersembunyi di dalam kayu. Rayap ini pintar mencari tempat persembunyian yang jauh dari panas dan sumber cahaya. Mereka memakan kayu dan membuat terowongan-terowongan yang pada akhirnya merusak kayu.

Cryptotermes brevis, rayap jenis ini jarang menyebar. Menurut informasi rayap ini murni berasal dari India dan Asia pada umumnya. Meski begitu, rayap jenis ini merupakan salah satu rayap paling berbahaya dari semua rayap yang ada. Mereka mampu menciptakan terowongan di dalam kayu tanpa meninggalkan jejak kotoran sehingga mereka cukup rumit untuk ditemukan.
Beberapa Jenis Rayap Yang Ada Di Dunia

Tanda-Tanda Apa Yang Menunjukkan Keberadaan Rayap Kayu
Ketika rayap kayu menembus ke dalam permukaan kayu, biasanya mereka meninggalkan beberapa tanda yang dapat terlihat jika kita teliti. Nah, sebelum kita Membasmi Rayap, mari kita lihat apa saja tanda dan jejak yang mereka tinggalkan di permukaan kayu yang sedang mereka gerogoti:

Pertama, tentu kita pernah menemukan beberapa perabotan dari kayu yang tiba-tiba berongga. Seperti disebutkan di atas, rayap bergerak menggerogoti kayu dari dalam ke luar. Untuk menyembunyikan keberadaannya, beberapa dari mereka meninggalkan jejak seperti bercak-bercak kecil di sekitar permukaan kayu. Jika kita jeli kita bisa dengan mudah menemukan keberadaan mereka.

Kedua, Kerusakan pada permukaan kayu. Kerusakan jenis ini tentu sangat memudahkan kita untuk menemukan rayap dan membasminya lantaran kerusakan yang ditimbulkan oleh rayap langsung terlihat oleh mata.

Cara Menghilangkan Rayap Kayu Di Rumah
Untuk membasmi rayap kayu di  perabotan rumah, sangat disarankan untuk menggunakan cara dan bahan yang ramah lingkungan. Namun jika serangan rayap dirasa cukup membandel maka bisa saja menggunakan bahan kimia. Berikut beberapa Kiat Menghilangkan Rayap Dari Rumah :
  1. Hilangkan rayap dari rumah dengan jeruk dan kapur barus – caranya sangat mudah. Kita cukup menempatkan botol berisi kulit jeruk dan sedikit kapur barus di dalam lemari atau perabotan kayu. Kapur barus adalah zat kimia menyerupai garam, yang digunakan sebagai insektisida, di antara banyak aplikasi lainnya dan dipercaya bisa mengusir rayap. 
  2. Insektisida berbasis asam borat -  Asam borat bisa diperoleh di supermarket atau toko pertanian.  Caranya adalah : campurkan satu sendok teh asam borat dengan satu sendok makan gula. Masukkan campuran ini dalam beberapa tutup botol lalu tempatkan di tempat yang terinfeksi. Jauhkan dari jangkauan anak dan binatang peliharaan untuk menghindari keracunan. Ulangi proses ini selama tiga atau empat minggu.
  3. Yang terakhir adalah Pencegahan. Jika ingin furniture anda tidak diserang rayap, maka hal terbaik adalah langsung menghindari membeli furnitur kayu. Jika Anda memang penggemar furniture dari kayu, saran saya adalah pilihlah kayu yang berkualitas tinggi agar bisa terhindar dari ulah karena hewan-hewan kecil ini.
Menghilangkan rayap dari rumah tidaklah mudah; karena itu butuh kesabaran. Jangan khawatir, seiring waktu anda akan dapat membasmi rayap dan menyingkirkan semuanya jika anda tahu dan paham cara-cara membasmi rayap.
Bang Ancis
Saya hanyalah seorang blogger iseng. Kenapa? Karena keisenganlah maka saya menjadi seorang blogger. Mampir ya di blog saya www.bangancis.web.id

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter