Kumpulan Link Untuk Blogwalking

Kumpulan Link Blogwalking - Salam jumpa. Kali ini saya ingin menulis sekaligus berbagi beberapa file yang kiranya bisa menjadi alat pendukung kegiatan para blogger, yakni: Kumpulan Link Blogwalking. Pernah saya bahas di artikel ini Video Cara Membuat Link Blogwalking. Teman-teman tentu sudah tahu apa itu blogwalking.

Salah satu kegiatan yang bisa dibilang sudah tua namun tetap dilestarikan yang kemudian menjadi sebuah tradisi, sejak dulu kala. Meski sudah sudah tua, namun kegiatan ini menjadi satu-satunya cara yang dipakai ingga saat ini untuk saling bersilahturahmi dengan sesama blogger.

Mungkin setiap teman-teman blogger punya cara tersendiri ketika melakukan kegiatan blogwalking ini. Ada yang menghafal alama-alamat blog sahabat, ada yang mengunjungi teman-teman lewat link-link yang ditebar lewat komentar di setiap artikel, dan mungkin ada juga yang sudah mengoleksi link-link blog sahabat dalam satu file. Semua ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam melestarikan aktifitas tertua dari kegiatan bloging ini.

Kumpulan Link Untuk Blogwalking

Sehubungan dengan itu, sebenarnya sudah sejak lama saya mengoleksi alamat blog-blog sahabat dalam sebuah catatan yang saya pakai untuk melakukan aktifitas blogwalking. Namun kedatangan dan kepergian setiap blogger tidak bisa diprediksi, makanya selalu mengalami perubahan. Ada teman yang pensiun, blognya dihapus dan tidak jarang yang domainnya expired. Yah namanya juga kehidupan, ada yang datang, ada yang pergi dan sedikit yang bertahan.

Dari kebiasaan saya mengoleksi alamat-alamat blog sahabat dalam format html ini, akhirnya saya mencoba untuk membuat sebuah file yang berisi link-link blog sahabat dengan tampilan yang berbeda.

Jika sebelumnya link-link tersebut tersusun secara serampangan, kali ini saya iseng membuatnya dalam tampilan mirip sebuah halaman web. Berkat template gratis dari malasngoding.com, saya lalu mengutak-atik sehingga berisi daftar link blog sahabat. Untuk previewnya teman-teman bisa melihat di sini.

Akhir kata, meski belum sempurna, tapi kalau ada teman-teman yang mau memiliki file koleksi link blog sahabat ini, akan saya berikan secara cuma-cuma. Setelah download, ekstrak lalu simpan di tempat yang mudah dijangkau. Sedangkan untuk mengedit, terutama untuk menambahkan link-link blog yang baru, teman-teman cukup membuka file index.html dengan notepad atau wordpad. Struktur HTML-nya tidak rumit jadi saya rasa semua teman bisa mudah menggunakannya.

Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar

17 Komentar

Cancel