Link Ads Are Being Retired Maksudnya Apa?

Google’s December 2020 Core Update

Link Ads Are Being Retired Maksudnya Apa? - Bagi pemilik situs baik itu blog maupun website pasti selalu mengikuti perkembangan terbaru dari Google. Semua keputusan, aturan apapun dari Google pasti memiliki pengaruh bagi sebuah website terutama web tersebut menggantungkan visitornya dari Google Search.

Maklum Google adalah Mesin Pencari terbesar dan terpopuler saat ini. Meski daftar situs pencari di dunia menurut Wikipedia jumlahnya puluhan bahkan ratusan, Google tetap menjadi rujukan selain Yahoo dan Bing.

Google’s December 2020 Core Update

Nah, terkait perkembangan terbaru, minggu lalu tepatnya tanggal 3 Desember 2020 tercatat Google melakukan Update Algoritma. Orang-orang bilang Google’s December 2020 Core Update. Dibilang Core (inti) karena update kali ini lebih besar dari update yang pernah terjadi pada bulan Mei 2020 yang lalu. Jangka waktu update yang dianggap terlalu panjang yakni 7 bulan. Tidak seperti biasanya yang rutin tiga bulanan. Mungkin pengaruh Covid-19, ya?

Efek Google’s December 2020 Core Update Pada Website

Dari status teman-teman baik di Facebook mapun Twitter, banyak yang mengeluhkan perubahan trafik. Ada yang selama ini ramai lancar, tiba-tiba menurun drastis. Ada yang selama ini merangkak saja susah, tiba-tiba visitor webnya melunjak. Ini baru awal.

Saran saya agar jangan dulu panik. Lebih baik menunggu beberapa minggu ke depan sampai update kali ini benar-benar berjalan. Satu info penting yang mesti saya sampaikan adalah beberapa Niche mengalami pergeseran peringkat.

Peringkat Keyword Niche

1. Diterimanya Blog Ini Oleh Google Adsense

Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu peduli dengan segala macam update. Jaman dahulu kala mungkin sedikit punya ambisi. Bagi saya, selama bisa punya blog untuk menulis itu yang penting. Namun saat ini kemungkinan saya bisa berambisi lagi. Pasalnya, barangkali salah satu pengaruh dari Google’s December 2020 Core Update pada blog ini adalah terkait Google Adsense.

Blog yang selama sepuluh tahun lebih ditolak mentah-mentah oleh Google Adsense tiba-tiba diterima. Nasibnya mungkin sama dengan Mas Djangkaru Bumi yang baru tahun ini diterima Adsense. Dengan begitu, urusan SEO dan lain-lain bakal saya geluti lagi. Sebagai langkah awal adalah tampilan blog yang tiba-tiba berubah dengan Template bawaan blogger. 

2. Link Ads Are Being Retired Maksudnya Apa?

Setelah menerima kabar baik dari Google Adsense, saya lalu melakukan perubahan besar di blog ini. Tampilan saya ganti. Karena berbeda akun email, maka akun-akun seperti Search Console, Analytics dan tentu saja akun blogger saya kaitkan antara dua email tersebut. Hasilnya ada penampakan khusus di blog ini meski belum semua pengunjung bisa melihatnya. Tergantung amal ibadahnya mungkin.

Satu informasi lagi, saat saya sedang asyik menggerayangi blog ini demi Adsense, ada email masuk yang mengabarkan kalau Link Ads Are Being Retired. Saya kira sedang kena prank dari GA dengan mendisable kembali status Google Adsense saya. Ternyata bukan. Maksud dari Link Ads Are Being Retired kurang lebih mengabarkan kalau iklan model Link atau tautan bakal ditiadakan. Resminya nanti pada tanggal 10 Maret 2020. Iklan Google Adsense bergaya link atau tautan tidak bisa dibuat lagi.

Yaaa begitulah.

LihatTutupKomentar

15 Komentar

Cancel