Cara Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

Follow us on Google News

Perhatian! Tulisan Berikut Ini Ngasal. Just Bacot. Kurangi Keseriusannya, ya?

Setelah diluluhlantakan badai Covid-19 di tahun kemarin, tahun 2021 ini diramalkan bakal menjadi titik balik bagi banyak bisnis. Krisis yang datang tiba-tiba tanpa permisi lalu menyerang secara global ini memaksa banyak bisnis beralih ke dunia online.

Cara Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

Memang sudah jamannya, tapi agak sulit untuk beberapa orang. Karena itu, data statistik hingga saat ini belum jelas. Apakah orang-orang berhasil dalam pandemi ini atau malah sebaliknya.

Terlepas dari pandemi global ini, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dijalani untuk mengembangkan bisnis tanpa menghabiskan banyak uang. Beberapa orang memutuskan untuk membeli presentasi powerpoint daripada menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuatnya. Yang lain menggelontorkan uang untuk iklan di Facebook.

Cara Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

Namun di balik itu, ada juga sebagianorang yang memadukan pemasaran, branding, dan peningkatan layanan pelanggan. Semua ini diperlukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Salah satunya adalah Telkomsel, yang menghadirkan sebuah asisten virtual dengan moto andalannya Tanya Veronika Asisten Virtual demi melayani pelanggannya.

Okelah. Tidak perlu bertele-tele (phone). Langsung saja berikut ini saya share 3 cara untuk mengembangkan bisnis di tahun 2021.

Buatlah Konten Berkualitas

Konten merupakan dasar dari dari semua jenis strategi promosi. Meski begitu, tidak semua orang memperhatikan hal ini. Ini terjadi mungkin karena dikejar waktu. Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk membuat teks atau video yang keren, dan itu selalu tidak cukup. Apalagi banyak pebisnis yang ingin segera sukses meskipun hasilnya bersifat instan.

Saran saya: Buat satu konten setiap minggu. Kedengarannya masif, tapi ada banyak kekuatan lalu lintas di belakangnya. Dan ketika kita mengevaluasi hasilnya di akhir tahun, kita akan menyadari bahwa semuanya sepadan.

Jalankan Teknik SEO Berkualitas

Ini adalah langkah yang harus dimiliki oleh siapa pun yang bekerja dengan konten terutama berhubungan langsung dengan dunia internet. Menjalani teknik SEO yang optimal, baik serta tepat akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan arahan.

Tentu, anda bisa membayar seorang profesional. Tetapi sebenarnya ada lusinan tool gratis yang tersedia di internet yang merupakan tempat yang bagus untuk kita memulai. Jadikan tahun ini sebagai dasar untuk promosi situs web Anda.

Pendekatan Khusus Untuk Klien

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk itu. Kebanyakan yang terjadi adalah kita harus mengorbankan waktu dan harga diri kita sendiri. Tetapi jika Anda bersedia melakukannya, maka upaya itu akan membuahkan hasil dengan sangat cepat.

Bahkan perusahaan kelas menengah dapat naik ke puncak jika perhatian yang cukup diberikan untuk bekerjasama dengan klien. Untuk dunia blogger, yah bekerjasama sesama blogger juga bisa menjadi pilihan.

Kesimpulan

Berusahalah bukan untuk kesempurnaan tapi untuk kemajuan. Ambil langkah-langkah kecil dan lihat hasilnya. Ini adalah satu-satunya cara untuk mencapai apa yang Anda inginkan demi mengembangkan bisnis yang sukses. Raih puncak tertinggi, dan Anda akan berhasil!

Akhir kata, kembali lagi ke kalimat awal!

LihatTutupKomentar

15 Komentar

  • Sahroni 13.3.21
    Nah ini yang bikin mumet bang, nomor 2, sampe sekarang masih gagok sama urusan perseoan ini. Nyoba main malah nyungsep banget, mungkin ada tehnik khususnya bang? Bisikin dong 😁
    • Bang Ancis 13.3.21 ✖
      Hahaha kita sama.. Kalau saya, paling yang itu-itu saja tekniknya.. Hanya setelah intip mengintip blog-blog yang merajai SERP atau kontes SEO (di luar web-web berita), rata-rata mereka bermain cantik.

      Blog mereka lebih dari 2, 3 bahkan lebih lagi. Masing-masing blog ini dioptimasi paling tidak DA sama PAnya tinggi, plus trafik juga. Syukur-syukur dapat hadiah PR tinggi dari Google..

      Nah setelah itu baru ikutan kontes, biarpun backlink tidak sampai 10 tapi berasal dari blog2nya yg lain, justru bisa masuk laman 1. Cara ini lebih sederhana daripada hanya punya 1 blog/web trus mau ngontes cuman andalkan nyepam sana sini kayak saya, hahaaaa

      Itu sih menurut pengamatan saya, hehehee
    • Asnaji 14.3.21 ✖
      Di bagian teks...."Blog mereka lebih dari 2, 3 bahkan lebih lagi" ...ok saya se7,
      Tapi mas mereka ini juga memiliki lebih dari satu admin, mereka juga tidak takut beriklan di Ads Google.😂👍👍
  • celotehnur54 13.3.21
    Raih puncak tertinggi, dan Anda akan berhasil! ... Amin. Selamat malam, Bang Ancis.
    • Bang Ancis 14.3.21 ✖
      Selamat Pagi Ibu Nur.. Ayo semangat biar sukses.. Maaf kalau saya agak jarang jalan-jalan..
  • Satria Mwb 14.3.21
    Asiikk perlu dicoba nih tips untuk berbisnisnya bang..😊😊
  • Widodo 14.3.21
    sangat bermanfaat tipsnya untuk wirausaha pemula
  • Rudi Chandra 15.3.21
    Mantap tipsnya Mas.
    Tapi untuk masalah SEO, masih awam banget sih. Belum ngerti sampai sekarang.
  • Himawan Sant 16.3.21
    Mantul tipsnya dan patut diterapkan 👍!.

    Aku sih belum kepikiran untuk bikin artikel demi artikel untuk selalu bisa nangkring di page one, ada sih beberapa postinganki yang bisa nangkring [burung kali akh nangkring, hahahah] ...tapi kurasa itu cuma kebetulan 😆
  • Gustyanita Pratiwi 16.3.21
    kusave dulu ilmunya ya bang...

    ya begitulah...konten yang berkualitas memang selain memberikan kepuasan batin bagi creatornya juga bisa memanjakan pembaca baik pembaca dari kancah sesama blogger maupun dari pembaca random, hadi memang betul jika kita mengerjakan sesuatu secara totalitas (walauoun tolok ukur berkualitasnya sendiri lumayan subjektif) tapi seenggaknya akan menuai trafik yang berbeda ketimbang jika bikinnya asal asalan ;)
  • Anton Ardyanto 25.4.21
    Intinya usaha yang tekun dan konsisten yang Bang Ancis. Dalam situasi apapun, potensi dan peluang itu pasti akan tetap ada.

    Yang dibutuhakn pastinya kreativitas, kemauan kerja keras, ketekunan, dan sikap pantang menyerah. Apalagi dalam menghadapi situasi ruwet bin rudet seperti sekarang ini, tanpa semua itu kita bisa terjebak dalam dunia yang suram dan kelam.

    Kalau sudah begitu, susah deh untuk beranjak dan bergerak maju..
Cancel