Apakah Facebook Bakal Bangun Kantornya di Indonesia?

Apakah Facebook Bakal Bangun Kantornya di Indonesia? Pertanyaan ini saya temukan ketika blogwalking ke blognya seorang blogger sukses saat ini: Mashable. Menurut beliau, Indonesia merupakan salah satu dari lima negara teratas di dunia dalam hal banyaknya pengguna situs social networking: facebook. Namun dia heran, karena walaupun sudah cukup lama Indonesia bertengger di Top Five Dunia, namun pada kenyataannya pihak facebook belum berkeinginan untuk membangun markasnya di negeri seribu pulau nan korupt ini. Apakah karena alasan korupt ini? Entahlah...

Tidak seperti Google dan Blackberry yang belakangan sibuk membangun pondoknya di negara kita. Meski harus melewati proses yang berbelit-belit, namun akhirnya pondok mereka berdiri juga. Namun, bagaimana dengan mukabuku (facebook)? apakah dia mau mendirikan kantornya juga di Indonesia, mengingat jumlah pengguna dari negara ini membludak layaknya orang sedang mengantri BLSM?
facebook office in Indonesia
Memang, baru-baru ini ada gosip di Amrik sana yang mengatakan bahwa facebook, perusahaan yang berbasis di California tersebut sedang bersiap-siap untuk membuka kantornya di Indonesia pada akhir tahun ini. Masih rumor. Namun pendapat Charlene Chian, kepala Facebook bagian komunikasi untuk Asia-Pasifik, mengatakan jika ada sekitar 64 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia dan Indonesia bisa menjadi salah satu negara kunci untuk membantu Facebook dalam rangka meraup lebih banyak pengguna. Chian juga mengutarakan niatnya bagaimana rencana mereka untuk menjangkau lebih banyak pengguna di Indonesia. Berikut petikannya :
Given that Indonesia is one of our top five countries with most users (as of October 2012), we are definitely looking at how we can help Indonesians be able to benefit more from our platform. For a start, we are looking at working closer with digital media agencies through creative workshops to help them gain better skills and knowledge to better help their clients.(source: mashable)
Yang artinya (hasil translate ngawur): Mengingat bahwa Indonesia merupakan salah satu dari lima negara  dengan jumlah pengguna yang besar (per Oktober 2012), kita pasti melihat bagaimana kami dapat membantu Indonesia untuk bisa mendapatkan keuntungan lebih dari platform kami. Untuk memulai, kita akan menjalin kerjasama yang lebih erat dengan lembaga-lembaga media digital melalui workshop kreatif untuk membantu mereka memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang lebih baik untuk lebih membantu klien mereka. [yahh termasuk meraup keuntungan iklan dari pengguna kami, begitu kan? hehehehe..]

Ungkapan-ungkapan di atas masih sebatas ungkapan. Facebook ternyata belum berniat membangun kantornya di Indonesia. Karena meskipun Indonesia memiliki basis pengguna yang sangat besar, Chian malah membantah kalau mereka berniat membangun kantornya di Indonesia, "No, we currently have no plans to set up an office in Indonesia." For now, that leaves Indonesia as the only country in the top five without its own office."

Memangnya penting mereka-mereka membangun kantornya di negeri ini, Sob??

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel