Bantu Upaya Pemulihan Keadaan Darurat Filipina

Bantu upaya pemulihan keadaan darurat di Filipina sekarang!!! Begitulah bunyi sebuah pesan di bagian Header Facebook. Sudah beberapa hari ini pesan itu bertengger di sana. Walaupun sudah saya klik tombol x (close), tapi ketika buka beranda, pesan itu muncul lagi. Apakah ini ada hubungannya dengan Topan Haiyan yang melanda Negeri Filipina belakangan ini? Akh, saya akhirnya membiarkan saja pesan itu muncul, bunyinya kurang lebih begini :
Bantu upaya pemulihan keadaan darurat di Filipina sekarang
Kirimkan Rp 100.000 untuk mendukung jaringan global Red Cross Red Crescent untuk menolong mereka yang terkena dampak angin topan. Semua jumlah sumbangan akan dimasukan ke jaringan global Red Cross Red Crescent.
Karena selalu muncul di puncak klasemennya beranda facebook, pesan itu pun membuat saya penasaran. Saya coba klik saja tombol "Sumbangkan". Yang muncul malah sebuah pop up seperti gambar berikut.
Help support the emergency relief efforts in the Philippines now
Wah.. sayang sekali. Saya belum bisa membantu. Memang baru pertengahan bulan... tapi kenyataannya isi dompet saya sudah ludes. Jujur, saya ingin sekali ikut membantu, tapi apa daya dompet sedang dalam keadaan bocor.

Ada Apa Dengan Filipina
Berkat bantuan google, saya akhirnya mendapati sedikit informasi tentang keadaan Filipina, negara yang berbatasan langsung dengan kita, Indonesia, di bagian Utara. Ternyata, baru-baru ini, mungkin sekitar seminggu yang lalu (Sekitar hari Jumat 8 November 2013), Filipin diterjang sebuah topan maha dahsyat. Ribuan jiwa melayang akibat terjangan Topan ini. Topan Hayan namanya.

Menurut laporan yang saya copet dari AntaraNEWS, kerugian yang timbul akibat topan Hayan ini mencapai lebih dari 237,44 juta dolar AS; kerusakan prasarana bernilai 27,71 juta dolar dan kerugian di sektor pertanian di tujuh wilayah yang dihancurkan oleh topan ini mencapai 208,73 juta dolar. Sementara jumlah korban yang meninggal dunia maupun hilang disebutkan mencapai 3.637 jiwa.

Meskipun lokasi topannya berada di wilayah Asia Tenggara dan dekat sekali dengan Indonesia Tanah Air Beta, namun Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG menyarankan kita untuk tidap perlu khawatir. Topan ini tidak akan berbelok arah ke Indonesia. Namun, meskipun demikian, kita-kita tetap waspada.

Bagaimana Sobat semua? Aada  yang mau menyumbang? Lewat Paypal mungkin bisa. Ayolah... saya masih menunggu gajian dulu.

Oh ya.. gara-gara topan Hayan ini, saya jadi teringat dengan teman blogger jaman dulu asal Filipina. Si Renzyl dan si Ahbie. Bagaimana kabarnya mereka? Sepertinya sudah pada offline blog-blognya mereka. Hmmmm semoga saja mereka masih dalam lindungan-Nya dan terhindar dari Badai Topan Hayna ini.
Sahabat Blogger

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel