Flash Player Akan Shutdown, Apa Penggantinya?

Flash Player Akan Shutdown, Apa Penggantinya? - Sudah beberapa hari ini saat saya membuka browser selalu muncul notifikasi di bagian atas browser yang memberitahukan kalau Adobe tidak lagi memberikan dukungan pada Flash Player, paling kurang sampai akhir tahun 2020 ini.

Saya sendiri tidak kaget karena saya selalu punya pemikiran kalau yang hilang selalu ada penggantinya. Sama seperti orang pacaran, hari ini putus, besok lusa pasti sudah ada pengganti yang baru. Tapi tergantung, kalau mau terperosok di lubang yang sama yah balikan lagi dengan Kekasih Hati yang lama. Hanya untuk yang terakhir ini tidak berlaku untuk Flash Player. Layanannya akan benar-benar dihentikan.
flash ditutup

Dengan pemberitahuan dari Adobe untuk menghentikan dukungan pada Flash Player ini sebagian orang mungkin bingung dengan penggantinya. Karena kenyataannya semua browser selama ini mengandalkan Flash Player baik untuk game, video dan lainnya. Untuk itu, semua browser dan kreator apapun yang menggunakan flash player diharapkan untuk segera beralih ke format yang baru.

Pengganti Flash Player : HTML5

Tahun 2020 akan menjadi tahun berakhirnya era Flash yang selama hampir 20 tahun menemani dan memudahkan kita untuk bermain game, menonton video, dan menjalankan aplikasi di web. Format baru yang akan lahir seiring matinya Flash Player sebenarnya sudah lama kita kenal meski banyak yang belum familiar. Format baru ini namanya HTML5.

Sebenarnya standar HTML5 sudah diterapkan di semua browser web modern belakangan ini. Kalau browser teman-teman muncul peringatan tentang Flash Player ketika menjalankan video, kemungkinan brower tersebut belum Update. Kemungkinan lain adalah kontennya yang masih menggunakan Flash.

Dengan berakhirnya kisah hidup Flash ini, banyak pakar menyebutkan kalau ini akan membawa peningkatan keamanan yang lebih mumpuni. Selain itu teknologi baru diyakini mampu menjaga daya tahan baterai pada laptop dan perangkat seluler lainnya.
LihatTutupKomentar

16 Komentar

  • sofyan Ya-an 11.6.20
    Ya benar jika untuk di putar di web harus support HTML5, karena itu jauh lebih cepat. Contoh youtube.
  • Satria Mwb 11.6.20
    Meski ada penggantinya bagi saya banyak kenangan dari si Flash Flayer ini...Tetapi yaa memang selalu ada perubahan pada teknologi baik Solftware & hardware.😊😊
    • Bang Ancis 15.6.20 ?
      Iya bro.. 20 tahun hadir jadi bisa dibayangkan berapa banyak kenangan yang akan tersimpan? Hahahaa..
  • NA 15.6.20
    Tak tahu pula Flash Player akan ditutup.
    Sejenis yang setia, pasti akan rindu akan kehilangannya.
  • Himawan Sant 16.6.20
    Memang ya jika update sofware selalu kontinyu, mau ngga mau kita harus ngikutin yang terbaru biar lancar jaya pengoperasiannya.
    • Bang Ancis 30.6.20 ?
      Kalau gak ngikutin, bakal ketinggalan... kasihan yang tambun, gak bisa lari, hahahaa
  • Akhmad Muhaimin Azzet 21.6.20
    Semua yang hilang selalu ada gantinya ya, Bang :)
  • Andrie Kristianto 24.6.20
    Pkae flash juga lumayan berat, dan saat ingin menggunakannya juga harus diaktifkan terlebih dahulu.. Tapi dengan ada penggantinya seperti ini jadi bisa lebih ringan dan oke banget..
  • Djangkaru Bumi 24.6.20
    Saya baru tahu
    Dan jarang sekali memoerhatikan tentang flash player
    Semoga saja ada penggantinya
  • Agus Warteg 28.6.20
    Standar html5 sudah dipakai oleh hampir semua browser saat ini, jadi biarpun tidak ada flash player tidak masalah ya bang.😃
Cancel